DPRD PALI Mediasi dan Minta PT GBS - PT EPI Selesaikan Sengketa Lahan dengan Poktan Sinar Mario

PALI, BJ.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menjembatani mediasi dan rapat kordinasi Kelompok Tani (Poktan) Sinar Mario dengan PT GBS dan PT EPI, terkait penguasaan lahan Sinar Mario oleh dua perusahaan tersebut, Senin (29/06/2020).

Sehubungan ada surat kelompok tani Sinarmario bahwa lahan 1150ha telah di serobot oleh PT GBS dan dikuasai PT EPI seluas 5000 x 30 meter persegi, yang di klaim milik Poktan Sinarmario.

Ketua DPRD PALI H Asri Ag, mengatakan surat undangan kepada PT EPI dan PT GBS telah di sampaikan dan berharap kedua Perusahaan tersebut akan hadir untuk memediasi sengketa lahan tersebut.

Sehingga masyarkat telah beberapa kali meminta untuk duduk bersama diadakan rapat dan kordinasi bersama DPRD, Pemerintah, BPN dan perusahaan, terang Asri.

Asri Ag meminta perwakilan dari masyrakat atau juru bicara Poktan untuk menyampaikan kronologis kepemilikan lahan, sebagai bentuk mencari solusi yang terbaik dengan tidak anarkis.

Mewakili Hasan Basri Ketua Kelompok Tani Sinar Mario, Alposa juru bicara meminta agar wakil rakyat dapat membantu menyelesaikan sengketa lahan yang dikuasi oleh perusahaan.

"Permasalahan lahan ini sudah terjadi puluhan tahun yang lalu namun sampai saat ini pihak perusahaan tidak menggubris keinginan kami sebagai pemilik lahan".

Poktan ini sudah duakali panen dalam pengelolaan lahan, ujar Alposa. Bibit-bibit juga bantuan dari Kabupaten Muara Enim. Namun, sambungnya, pada tahun ketiga air tidak bisa dikendalikan sehingga Poktan ini mengalami gagal panen.

Raubdin Manager Operasional Jalan PT EPI mengatakan, bahwa memang kalah itu ada terjadi tumbang tindi lahan masyarakat namun PT EPI menggeser lahan karena terjadi temuan lahan yang dimiliki lebih dari satu orang.

"Sempat terjadi penghalangan pada titik STA 5 – 9 dan terjadilah pembebasan lahan, atas kepememilikan SKT dan diketahui pihak Kecamatan".

Setelah mendengar pendapat yang disampaikan oleh Poktan Sinarmario dan dilanjukan pernyataan dasar kepemilikan lahan oleh PT EPI, sehingga DPRD PALI Selaku mediasi meminta pertemuan dilanjukan beberapa hari kedepan dengan catatan kedua belah pihak menunjukan bukti keabsahan kepemilikan tanah.

Hadir dalam rapat tersebut perwakilan Komisi 1, 2 dan 3 serta beberapa anggota DPRD PALI, Dinas Perizinan Satu Pintu, Camat Abab, Bappeda, BPN, Kabag Tapem Sekda, perwakilan PT EPI, puluhan anggota Poktan Sinar Mario, sedangkan PT GBS tidak memenuhi undangan DPRD PALI.(Adv)
Share on Google Plus

About redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar