Pemdes Lumpatan Satu Berikan BLT DD Tahap Satu Bagi Warga Terdampak Covid-19

MUBA, BJ.COM - Sebanyak 300 Warga Desa Lumpatan I yang tergolong kurang mampu mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa  (BLT DD) Tahap I sebesar Rp.600.000/KK (Kamis/21).

Bantuan ini diambil dari alokasi Dana Desa (DD) Desa Lumpatan I tahun anggaran 2020 yaitu sebesar 35% dari total anggaran Dana Desa Lumpatan I atau sebesar Rp.540.000.000 yang rencananya akan disalurkan menjadi 3 tahap atau selama 3 bulan.

Penyaluran BLT DD Tahap I ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Desa Lumpatan I dan dihadiri oleh Perangkat Desa, perwakilan kecamatan, perwakilan  Inspektorat, tim pemantau dan Aparat Keamanan dari Binmas dan Babinsa.

Kepala Desa Lumpatan I  Abdul Fattah Bustomi menyampaikan bahwa alokasi BLT-DD tahap I ini sebesar Rp. 180.000.000 yang diperuntukan bagi 300 KK yang kurang mampu.

"Pada Penyaluran BLT-DD untuk tahap I ini kami menyalurkan dana sebesar Rp. 180.000.000 diperuntukkan bagi 300 KK yang kurang mampu, sehingga masing-masing akan menerima BLT-DD Sebesar Rp. 600.000/KK Selama 3 bulan".Ujarnya.

Selanjutnya Abdul Fattah menyampaikan bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi warga masyarakat kurang mampu yang terdampak covid-19.

" BLT DD ini di alokasikan untuk masyarakat kurang mampu yang bukan merupakan anggota PKH, penerima BNT ataupun bantuan sosial lainnya. Sehingga diharapkan warga masyarakat yang tidak menerima PKH atau BNT dapat tercover oleh BLT-DD". Ungkapnya.

Selain itu Abdul Fattah menyampaikan, dari sekitar 1200 KK yang ada di Desa Lumpatan I sudah lebih dari separuhnya mendapat bantuan dan untuk yang belum tercover, dirinya mengharapkan agar masyarakat bersabar dan jangan mudah terprovokasi, Jika ada yang kurang jelas terkait bantuan sosial, masyarakat bisa menanyakan langsung ke Kepala Desa atau perangkat desa yang berwenang.

Sementara itu Jauhariah yang merupakan warga desa Lumpatan I penerima BLT DD Menyampaikan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat dan sedikit mengurangi beban masyarakat.

"Kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan Pemerintah ini, apalagi kami sebagai keluarga kurang mampu yang belum menerima bantuan sosial akhirnya mendapat bantuan, apalagi saat ini menjelang lebaran dan harga kebutuhan pokok semakin meningkat" Ungkapnya (warto).
Share on Google Plus

About redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar