Hasil Panen Meningkat, Ini Kata Ketua Poktan Makmur Sejaterah P.7

Lalan, BJ.COM - Kelompok tani makmur sejahtera P.7 Desa Sri Gading kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan ,progam serasi IP 100 di tahun 2019 ini hasil panennya mengalami peningkatan dan  dapat di banggakan oleh para petani . Melalui program serasi hasil panen mencapa 7 sampai 9 ton per hektare.

Pada saat awak media berkunjung di kediaman ketua Gapoktan Makmur Sejahtera P.7 Desa Sri Gading Santoso, Senin (11/5/2020) menurut nya dengan adanya  program serasi ini petani merasa terbantu dan  sangat menguntungkan , terutama para petani yang ada di pinggir sungai atau tanggul penahan air.

Dari pantauan awak media memang hasil panan untuk di P.7 Desa Sri Gading tahun 2020 ini, untuk di kecamatan Lalan memang paling berhasil berkat adanya program serasi.

Sedangkan untuk air yang untuk mengaliri sawah sawah mereka tidak pernah kering sehingga padi padi mereka subur,dan hijau.

Salah satu warga yang juga menjadi kelompok tani pak tri, memberi informasi bahwa di desanya untuk tahun 2020 ini hasil panen nya sangat menyenangkan sekali, akan tetapi juga ada di keluhkan berupa tanaman palawija seperti jagung, menurutnya harga jagung di tahun ini menurun drastis  untuk persatu kilonya 2500 dan ada jug yang 2000, dan untuk tanaman IP,100 hasilnya lebih meningkat dan ada salah satu petani hasilnya per satu hektar mencapai 9 Ton tutup pak Tri.

Sementara itu Santoso selaku ketua Gapoktan   Makmur Sejahtera membenarkan bahwa ada Aggota kelompok tani nya di tahun 2020 ini hasilnya mencapai 9 Ton dalam per satu hektar nya, dan yang lainnya rata rata  7 sampai 8 Ton hasil yang di dapet di panen tahun 2020 ini.

Menurut Santoso untuk kelompok tani yang ada di P.7 Desa Sri Gading berjumplah 23 kelompok tani, untuk keseluruhan Aggota kelompok tani yang mendapat program serasi  20 kelompok tani dan yang tiga kelompok tidak mendapatkan  bantuan program dari serasi, di karenakan yang tiga kelompok sudah beralih pungsi menjadi petani kebun kelapa sawit, untuk petani kebun berjumplah 270 anggota, dan yang mengelola padi berjumplah 883, jadi total  keseluruhan kelompok di Gapoktan Makmur Sejahtera 1153 anggota kelompok tani.

Tambah Santoso Harapan kami selaku ketua kelompok tani sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah membatu warga masyarakat kelompok tani, berkat program serasi P.100 hasil panen kami bisa di bilang berhasil untuk di kecamatan LaLan, dan kami berharap supaya pemerintah tak hentinya membantu dan memperhatikan para petani supaya kedepannya lebih berhasil dan petaninya bisa makmur.(Warto)
Share on Google Plus

About redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar