Desa Karang Mukti Lalan Panen Perdana Program Serasi IP100

MUBA, BJ.COM - Tanam Perdana Padi IP 100 program SERASI 2019 seluas 800 Hektare di Desa Karang Mukti, Kecamatan  Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, akan  melakukan panen raya, Rabu (15/4/2020).

Ketua Gapoktan Wira Usaha Desa  Karang Mukti Muhamad Marsidi melalui  Bendahara Gapoktan Mujono menyampaikan pada awak media di lokasi , Rabu (15/4/2020)  penanaman perdana padi IP 100 untuk mencontohkan kerja yang nyata dan efektif kepada masyarakat. Karena selain meningkatkan produktivitas pertanian, juga program serasi ini dapat membantu para petani sawah  dengan mengoptimalisasikan lahan rawa dan gambut.

"Alhamdulillah dengan adanya program SERASI tersebut  sangat membatu petani sehingga penanamannya kemarin  terbilang  sudah sangat kompak, untuk itu di bulan April masa panen di perkirakan  sudah selesai," jelasnya.

Lanjut Marjono,  dengan harapan peningkatan produktivitas ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lalan  sehingga sejak diluncurkan bulan awal tahun lalu, program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI)  ditargetkan, dengan percepatan ini Ia optimis Desa  Karang Mukti bakal segera sebagai daerah lumbung pangan sesuai yang di harapkan  masyarakat.

“Saya tidak ingin pencanangkan program serasi di Muba  ini  sia-sia. Makanya sebagai wujud nyata  Target ini sangat mungkin sekali karena sekarang saja di Desa Karang Mukti program ini telah meningkatkan produksi gabah kering dari sebelumnya 4,5, ton kini menjadi 6 hingga 7 ton setiap hektarenya” tegasnya.

Dia mengakui panen perdana dan penanaman padi IP 100 di Desa  Karang Mukti  ini sangat menggembirakannya. Dimana pada tahun sebelumnya produktivitas lahan rawa di desa ini masih sangat minim.

“ Saya yakin di bulan Juli target IP 200 ini  akan segera di lakukan penanaman. Cuma yang jadi gendala kami peralatan penggarapan yang sangat minim pak", harapan kami ke dapan dari pihak pemerintah terkait dan  dinas pertanian untuk membantu peralatan  terutama peralatan penggarapan Traktor ,Saprodi dan juga alat Penen seperti  Komben DC ,60  Lok karena selama ini kebanyakan alat dari luar desa," harapnya.

Sementara itu, anggota kelompok tani Supardi (45 ) mengatakan  pada media ini (15/4) bahwa  lahan Serasi di Karang Mukti terbagi 14  kelompok dengan total seluas 800 hektare.

" Memang pada saat musim penghujan tiba banyak mengalami kerusakan jalan terutama jalan menuju ke sawah.nah masyarakat berharap kepada dinas pemerintah terkait untuk membantu pengerasan jalan , sehingga para petani pada saat mengangkut pupuk dan peralatan pertanian  hingga hasil pertanian tidak mengalami gendala," harapnya.

Untuk itu, dampak  dari program serasi salah satunya saluran irigasi dan pembuatan tanggul  sekarang ini dimanfaatkan oleh para petani  sebagai jalan usaha tani dan untuk produksi sendiri senada seperti yang di katakan oleh Gapoktan bahwa paska program serasi di Desa Karang Mulut sudah diberbicarakan tentang  IP 200  yang akan di lakukan penanaman bulan Juli.

"Program serasi ini sangat - sangat berdampak positif  untuk para  petani itu sendiri karena di Desa Karang Mukti sebelum program serasi turun pada awal - awal bulan seperti ini para petani tidak bisa bercocok tanam menggingat kondisi air yang cukup tinggi sehingga  menyebabkan produksi petani terganggu,"pungkasnya.

Penggarapan lahan rawa menurut Sunardi cukup efektif dalam mengoptimalkan hasil pertanian. Selama ini, untuk lahan rawa hanya bisa melakukan panen 1 kali (IP100). Saat ini sedang ditingkatkan menjadi 2 kali (IP200). Bahkan beberapa lahan sudah ada yang mencapai IP300.

"Alhamdulillah ,dengan adanya program serasi ini  para petani Desa Karan Mukti  tahun ini  bisa berhasilmaksimal,"tutupnya.(Warto)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar