Rakor Persiapan, Kemenkominfo Bakal Evaluasi Smart City di Muba

SEKAYU, BJ.COM - Pemerintah pusat terus melakukan program menuju Smart City yang telah dilakukan sejak 2018 lalu. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) salah satu daerah yang terpilih dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba, Herryandi Sinulingga melalui Sekretaris Dinkominfo Dicky Meirando SSTP MH menyampaikan bahwa pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI akan datang ke Kabupaten Muba untuk menggelar pembahasan program evaluasi pelaksanaan Smart City sekaligus bimbingan teknis.

"Hal ini dilakukan untuk evaluasi sampai sejauh mana kesiapan Pemkab Muba menuju kota smart city. Dijadwalkan kegiatan akan digelar pada 17 Maret 2020, dilanjutkan peninjauan lapangan pada 17 Maret 2020,"ujar Dicky saat memimpin rapat koordinasi di Kantor Dinkominfo Muba, Selasa (3/3/2020).

Dikatakan Dicky, dengan pelaksanaan pembahasan program evaluasi smart city, Kemekominfo RI melakukan tinjauan lapangan yang bertujuan memberikan pembimbingan cara melakukan evaluasi program Smart City.

Juga melakukan pemeriksaan kembali atau cross check terhadap hasil evaluasi yang diperoleh Pemkab Muba dalam kurun waktu 2018-2019. Sekaligus diharapkan dapat membantu daerah meningkatkan nilai evaluasi pada tahun 2020.

“Tujuan evaluasi ini di antaranya memberikan rekomendasi perbaikan terhadap pelaksanaan program smart city. Pembahasan program evaluasi dan bimbingan teknis Smart City ini tak hanya melibatkan Dinkominfo Muba, melainkan juga Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Muba yang masuk dalam master plan,"bebernya.

Rapat Kordinasi dihadiri Perangkat Daerah yang masuk dalam master plan Pemkab Muba menuju smart city,  yang meliputi BKPSDM, DPM PTSP, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigran, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas PUPR, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup DLH dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Apriadi SSos MSi menyambut baik akan rencana adanya kunjungan dari pihak Kemenfominfo dalam rangja menggelar pembahasan program evaluasi pelaksanaan Smart City sekaligus bimbingan teknis di Kabupaten Muba.

"Untuk Dinas kami dalam rangka menuju smart city kami sudah mempunyai aplikasi e-lebrary. Yaitu pelayanan berbasis online, mulai peminjaman buku, pendaftaran anggota perpustakaan bisa diakses melalui website,"jelasnya.(Warto)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar