DPRD PALI Gelar Rapat Paripurna Ke-VIII dalam Rangka Penyampaian Nota LKPJ Bupati TA 2019

PALI, BJ.COM - Rapat Paripurna Ke-VIII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dalam rangka penyampaian nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Pali Tahun Anggaran 2019, Senin (16/03/2020).

Ketua DPRD H Asri Ag mengatakan, dengan hadirnya Anggota DPRD PALI sebanyak 21 orang maka rapat ini korum, penyampaian nota LKPJ Bupati Pali ini dibuka secara umum dan untuk umum, terang Asri sembari mengetukan palu tanda rapat dibuka.

Sesuai dengan Pasal dan UU, sambung Asri, bahwasanya DPRD memberikan rekomendasi terkait LKPJ dan pengawasan APBD Perda dan Peraturan Kepala Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2000 tentang penyelenggaraan pemerintahan daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah kepada DPRD wajib dilaksanakan.

Ketua DPRD PALI H Asri Ag menambahkan, ada beberapa poin kinerja Pemerintah Pali yang membanggakan, yakni. Pertumbuhan ekonomi sebesar 6.16% merupakan pertumbuhan tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 64.33 poin meningkat sebesar 0.84 poin dari tahun sebelumnya dan angka kemiskinan 13.47% turun sebesar 0.34% dari tahun 2018 hingga 2019 ini merupakan peningkatan tertinggi.

"Terakhir, angka pengangguran sebesar 4.06% menurun menjadi 3.79% pada tahun 2019", ungkap mantan Sekda Kota Prabumulih itu.

Sedangkan Bupati Pali H Heri Amalindo dalam nota laporan LKPJ TA 2019 mengatakan, Pemda telah memprioritas pembangun dalam RPJMD sejak 2016-2021. "Dengan pengembangan pembangunan infrastruktur, indeks pembangunan manusia (IPM), SDM dan ekonomi Pemerintah terus meningkatkan itu semua".

Kebijakan dalam pembelajaan APBD dibagi beberapa kegiatan alokasi balanja, termasuk alokasi belanja tidak terduga, ujarnya.

"Atas pertumbuhan, ekonomi sesuai dengan data Badan Statistik, Kabupaten Pali merupakan Daerah pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di Sumsel", ucap H Heri Amalindo.

Selama 7 tahun belakangan, lanjutnya. IPM PALI berkat kerjasama kita semua telah mencapai di tengah dari 17 Kabupaten-Kota di Sumsel, mudah-mudahan ekonomi kita pada tahun kedepan terus bergerak menjadi teratas, terangnya.(rd)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar