Perbanyak Kanal Langkah Konkrit Cegah Karhutla di Muba

SEKAYU, BJ.COM - Pemkab  Muba Serius untuk tindak lanjut pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) khususnya di Kecamatan Bayung Lencir menjadi PR besar Pemkab Muba untuk mencegah dan meminimalisirnya ke depan agar karhutlah dapat diminimalisir dan tidak terulang kembali.

Meski sudah memasuki musim penghujan, namun dibawah komando Bupati Muba Dodi Reza, BPBD Muba beserta stakeholder terkait mulai menyusun strategi dan upaya-upaya pencegahan karhutlah.

"Pencegahan karhutlah terus disosialisasikan dan dilakukan sesuai arahan pak Bupati Dodi Reza," ungkap Kepala BPBD Muba, Indita Purnama.

Lanjutnya, berdasarkan hasil survey rencana pembuatan kanal/sodetan Karhutla melalui melalui DSP pusat akan dilakukan di Bayung Lincir Desa Muara Medak dengan melibatkan tim dari BNPB, BPBD, Camat/Kades, KPHP, Danrami/Babinsa.

"Dari hasil survey tim mengambil koordinat Sungai Perjudian, Sungai Muara Merang, Sungai Medak dengan kedalaman sungai yang akan menjadi titik nol pelaksanaan sodetan/kanal," terangnya.

Indita menambahkan, alternatif titik nol antara Sungai Perjudian dan Sungai Merang. "Dimana kanal atau sodetan tersebut nantinya akan mengcover dusun 7, dusun 5, dan Pal 6-10," tukasnya. 

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza menegaskan pembuatan kanal ini merupakan langkah konkrit agar karhutla tidak kembali terulang di Muba. "Jadi jauh-jauh hari sudah kita siapkan berbagai plan, jangan sampai kejadian dulu baru mau cari solusi," tegasnya.

Kandidat Doktor ini juga menambahkan, bahwa pembuatan kanal nantinya tidak hanya difokuskan di Bayung Lencir namun juga daerah lainnya yang rawan karhutla dan termasuk meminimalisir banjir di Muba akan di prioritaskan juga.

"Fokus kita agar karhutla tidak terjadi lagi, warga Muba dapat aman dan nyaman," kedepannya terlebih hutan adalah aset generasi penerus kita kedepannya pungkasnya.(Warto)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar