Gebyar 1000 Pindang Ogan Ilir Masuk Rekor Muri


Ogan Ilir, BJ.COM - Tahun ini Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan rekor muri yang menyajikan 1000 porsi masakan pindang, kegiatan ini dipusatkan di KPT Pemda Ogan Ilir, Tanjung Senai. Dengan menyajikan 1000 porsi masakan pindang terbanyak oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir.

Sehingga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Muri Indonesia kategori penyajian Pindang terbanyak, yang diterima langsung oleh Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam, dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019.

Ribuan porsi pindang ikan air tawar disajikan di gerai 1.000 Pindang di Lapangan Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Ogan Ilir.Minggu (03/03/2019).

Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam menyampaikan, Tahun 2019 ini merupakan tahun budaya, untuk itu pada kegiatan yang disajikan 1.000 porsi pindang ikan air tawar. “Pindang ini ada beberapa jenis, mulai dari Ikan Baung, Belido, Gabus, serta ikan air tawar lainnya,” kata Ilyas.

Menurutnya, disamping pemecahan Rekor Muri  satu hal yang juga penting dari kegiatan ini adalah pelestarian salah satu jenis masakan khususnya yang ada di Ogan Ilir, pasalnya, di OI ini ada banyak jenis pindang.

“Penyajian pindang ini melibatkan berbagai elemen mulai dari lembaga sekolah PAUD, SD, hingga Dinas dan Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir,” terangnya.

Selain itu, pindang yang disajikan ini juga dilakukan penilaian melalui E -Voting dengan cara Upload ke Akun YouTube.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengapresiasi upaya pencatatan Rekor Muri Indonesia pada  Pemerintah Daerah kabupaten  Ogan Ilir ini. Menurutnya, upaya ini cukup bagus untuk melestarikan makanan khas Sumatera Selatan.

“Ini cukup bagus. Tadi juga sempat mencicipi, tapi karena saya orangnya kurang suka pedas jadi hanya sedikit. Tapi rasanya enak, ini bagus sekali”ujarnya.saat berbincang bersama para awak media di Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Ilir diarea KPT Tanjung Senai Indralaya.(Gheka Iswadi)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar