Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus

BJ - Perubahan gaya hidup penting bagi seseorang yang mengidap diabetes mellitus, terutama pola makan dan olahraga kurang baik.
Sarapan, merupakan salah satu komponen pola makan yang perlu mendapat perhatian agar bisa mendukung kesehatan penderita diabetes. Meski dianjurkan untuk memperhatikan konsumsi gula dan karbohidrat, sarapan tidak harus menjadi membosankan jika Anda mengetahui tips dan triknya.
Hal yang perlu diperhatikan
Dalam memilih dan menyiapkan sarapan untuk penderita diabetes mellitus, ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan acuan agar menu sarapan tetap sehat sekaligus bervariasi. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
● Perbanyak asupan protein
Selain akan menyokong fungsi dan perkembangan berbagai jaringan dan otot, protein juga mengenyangkan lebih lama. Kacang-kacangan dan produk hewani seperti daging dan susu merupakan sumber protein yang baik dan dapat dijadikan pilihan.
● Jangan lupakan serat
Serat dapat menunda lapar sekaligus mencegah lonjakan kadar gula dalam darah. Zat ini juga membantu memelihara kesehatan pencernaan. Anda bisa memperoleh serat dari bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan gandum.
● Waspadai minuman
Tak hanya makanan, minuman juga dapat menjadi salah satu asupan yang tinggi akan gula yang dapat merugikan penderita diabetes. Air putih merupakan pilihan minuman terbaik. Hindari berbagai minuman seperti soda, kopi dan teh manis yang tinggi akan gula tambahan.
● Perhatikan garam
Meski gula yang menjadi perhatian utama, asupan garam juga perlu diperhatikan bagi para penderita diabetes. Pola makan yang tinggi garam dapat mengganggu kesehatan jantung dan meningkatkan tekanan darah.Makanan kemasan merupakan salah satu makanan yang tinggi akan garam, sehingga sebaiknya dihindari dan biasakan makan masakan rumah.
● Cermati porsi
Penderita diabetes mellitus perlu menjaga berat badan sebisa mungkin agar ideal. Menu sarapan sehat sekalipun dapat menyebabkan peningkatan berat badan berlebih yang berbahaya, jika dikonsumsi dalam porsi terlampau besar. Perhitungkan kebutuhan kalori harian dan bagilah dalam beberapa kali makan utama dan camilan dalam sehari.
Berkreasi dengan menu sarapan
Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan menyiapkan menu sarapan untuk penderita diabetes mellitus, kini saatnya Anda berkreasi dengan menu. Berikut beberapa menu sarapan sehat yang bisa Anda coba:
● Smoothies
Berbeda dengan jus buah yang manis dengan kandungan gula “siap pakai” dan dapat menyebabkan melonjaknya kadar gula dalam darah, smoothies menawarkan rasa yang sama nikmatnya dengan nutrisi yang lebih kaya untuk menunda lapar.
Padukan sayur sebagai sumber serat dengan alpukat sebagai sumber lemak sehat dan protein. Agar tetap manis, tambahkan potongan pisang atau apel agar smoothiesterasa segar.
● Oatmeal
Sangat banyak kreasi oatmeal sehat yang dapat Anda coba. Pada dasarnya, oatmeal dan produk gandum, terutama gandum utuh, baik untuk penderita diabetes dan kebanyakan penyakit metabolik lainnya.
Hal ini karena oatmeal kaya akan serat yang sehat. Oatmeal juga mengandung protein sebagai tambahan nutrisi pada menu sarapan Anda. Anda dapat memadukan bubur oatmealdengan yoghurt, buah, madu, atau kacang-kacangan.
● Roti panggang dan telur
Sarapan ala Barat ini bisa juga menjadi pilihan untuk sarapan sehat si penderita diabetes. Rebuslah telur dan tambahkan merica untuk perasa. Padukan dengan roti gandum utuh yang dipanggang dan bumbui dengan merica sesuai selera. Sebutir telur rebus mengandung hingga 6–7 gram protein yang baik untuk menu sarapan.
Tak sulit sebenarnya untuk memperbaiki pola makan, tetapi memang membutuhkan kedisiplinan dan semangat untuk tetap mencari tahu informasi dan berkreasi agar prosesnya tidak membosankan. Meski terkesan minor, sarapan sebaiknya tidak dilewatkan penderita diabetes mellitus karena merupakan persiapan energi untuk beraktivitas di pagi hari.(Net)

Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar