Agus Darmawijaya, SE : Buat IMB Tidak Sulit dan Gratis

Poto : Kepala DPMPTSP Agus Darmawijaya, SE
PALI, BJ - Banyaknya keluhan tentang pungutan liar (pungli) dibeberapa sentra pelayanan publik menjadi momok menakutkan bagi masyarakat berkantung tipis, yang ingin mengurus berbagai kegiatan bidang usaha dan izin lainnya dengan bersentuhan langsung campur tangan Pemerintah, dari tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten kota.

Rendah dan minimnya pengetahuan masyarakat cara kepengurusan administrasi dan administratif izin mendirikan bangunan (IMB) yang diselenggarakan pemerintah pusat secara gratis.

Acap kali dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab di Instansi yang mendukung kerja DPMPTSP Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dengan dali penandatanganan pejabat berwenang atau pembuatan gambar dan sket serta rencana anggaran biaya (RAB) salah satu syarat IMB yang dibuat butuh proses dan mahal.

Hal tersebut membuat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Agus Darmawijaya, SE berang dan angkat bicara terkait kabar burung tersebut.

Dirinya mengakui pembuatan IMB murni gratis, nol rupiah tidak ada bayaran seperakpun.

Kalau pembuatan syarat IMB seperti RAB dan gambar bangunan itu diluar wewenang kami, ujarnya. Pembuatan RAB tersebut dibuat Dinas PU Perumahan dan Pemukiman, sambung Agus, Selasa (10/07).

"Setau saya pembuatan RAB dan sebagainya memang geratis, jika pemohon memberikan uang sebagai balas jasa kepada orang yang membuatkan RAB tersebut itu wajar - wajar saja, akan tetapi kalau mereka memasang tarif itu sudah kelewatan, harap dilaporkan kepihak berwajib".

Menurut Agus, dirinya sudah pernah mencoba berkomunikasih dan menegur pihak terkait, tentang adanya pungli dalam pembuatan RAB syarat pembuatan IMB, ia bahkan menjelaskan bahwa pembuatan IMB tersebut salah satu upaya masyarakat mendukung meningkatkan pendapatan asli Daerah.

"Hal demikian jangan dihambat lagi, karena dari IMB lah bisa menambah PAD dan pembanguan Daerah PALI", terangnya.

Berkas pemohon atau pengajuan IMB asalkan lengkap administratif nya akan DPMPTSP proses tidak pake nanti dan satu hal lagi masyarakat PALI harus tau pembuatan IMB dan sebagainya tidak sulit dan gratis, tutup Agus.(Red)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar