Panwaslu Bersama Pewarta Se - Kabupaten OI Gelar Forum Group Discussion

"FGD Panwaslu dan PWI Ogan Ilir. Peran Media Dalam Pengawasan Pilkada Sumsel"

Poto : Iswadi/bulletinjournalist.com


Ogan Ilir, bulletinjournalist.com - Peran penting kontrol sosial pengawasan media tentang pemilu merupakan penyeimbang kontrol sosial dalam masyarakat.

UU kekebasan pers dalam mengontrol kebijakan publik. Tentang kontrol media dalam mensukseskan pelaksanaan pemilukada. Hal demikian dikatakan ketua Panwaslu Kabupaten Ogan Ilir Idris saat membuka Forum Group Discussion
(FGD) di RM Sederhana Indralaya, Kamis (4/6/2018).

Dikatakan Idris, Trias politika  eksekutif, Legiaslativ yudikativ dan masuknya media dalam Peran parsitilatif merupakan penyeimbang, 23Juni mendatang dalam proses masa tenang.

Sedangkan Ketua PWI Ogan Ilir Gusti M Ali pada kesempatannya menyampaikan. Media adalah perusahaan yang menerbitkan pemberitaan yang didalamnya ada wartawan.

"Dalam menjalankan tugasnya kata M Ali, wartawan dinaungi oleh organisasi yaitu PWI, AJI, IJTI. Wartawan adalah pekerja mulia, yang terhormat, wartawan juga dituntut harus tahu kode etik jurnalistik".

Dalam melakukan tugas dilapangan wartawan minimal memiliki dua kartu, yakni. Kartu media dan kartu organisasi seperti PWI, jika kartu media semua ada dan gampang mendapatkan kartu itu. Wartawan yang kompeten ada empat jenjang dalam pendidikan organisasi anggota  muda,  biasa,  madya, dan utama, sambung Ali. 

Sementara ketua KPU Ogan Ilir Annahrir, SAg MSi dalam paparannya mengatakan, diantaranya tentang dinamika demokrasi lokal praktik pemilukada,  praktik transaksional di parpol dan ditengah masyarakat. 

Menguatnya praktik politik transaksional yang ada di pemilukada. Menguatnya fenomena Oligharki politik atas nama keluarga dan kelompok.

Fluktuasi partisipasi politik, dengan gejala semakin jenuh masyarakat karena seringnya melakukan pemilihan. Serta matinya politik massif dan digantikan dengan pencitraan via media masa dan komunikasi dialogis serta. media sosial (medsos) lainnya. 

Dikatakan Annharir,  Peran media, Pungsi informasi, banyak informasi dimasyarakat di media. Fungsi korelasi,  fungsi substantinoble.

Acara yang bertemakan Peran media terhadap pengawasan pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sumsel tahun 2018 dengan selogan, "Bersama rakyat awasi  pemilu,  bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu".(Gheka Iswadi)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar