Hasil Quick Count Pilgub Sumsel : Herman Deru Kalahkan Putra Alex Noerdin

BJ.com - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru - Marwadi Yahya dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sumsel versi hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, dari 98 persen data masuk pada pukul 18.52, Rabu (27/6), pasangan calon Herman Deru-Marwadi Yahya yang diusung PAN, NasDem, dan Hanura memperoleh suara 35,37 persen. Posisi kedua ditempati pasangan calon Dodi Reza Alex Noerdin - M Giri Ramanda N. Kiemas. Pasangan yang diusung PDIP, PKB, dan Golkar memperoleh suara 31,97 persen.

Disusul pasangan Ishak Mekki - Yudha Pratomo yang menempati urutan ketiga dengan perolehan suara terakhir 20,97 persen. Pasangan ini diusung oleh Demokrat, PBB, dan PPP. Di posisi buncit, pasangan calon Saifudin Aswari Rivai-M Irwansyah. Pasangan yang diusung Gerindra dan PKS hanya mampu memperoleh suara 11,69 persen.

Poto : Herman Deru dan M. Yahya
Dilansir Antara, Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) juga menampilkan hasil yang sama. Selisih suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan Herman Deru - Mawardi Yahya sangat tipis dengan pesaing terdekatnya yakni Dodi Reza Alex - Giri Ramanda.

Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid menyatakan, selisih suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan Herman Deru - Mawardi Yahya dengan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda hanya 0,19 persen.

Herman Deru - Mawardi Yahya meraih suara 34,23 persen. Kemudian Dodi Reza Alex - Giri Ramanda 34,04 persen. Disusul Ishak Mekki - Yudha Pratomo 20,36 persen dan Aswari - Irwansyah 11,38 persen.

"Kami akan tetap melakukan penghitungan terus, karena masih sekitar 10 hingga 11 persen lagi," ujarnya di Palembang.

Dia menuturkan, hitung cepat itu dilakukan di 17 kabupaten dan kota di Sumsel di 65 kecamatan, 600 desa dan sebanyak 1.200 kampung RW/RT.

Pada hitung cepat ini data yang diambil 880 sampai 1.200 data, dengan multistage random sampling dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik Ade Indra Chaniago menyampaikan, dengan selisih suara yang tipis sekitar 0,19 persen itu tidak bisa mengambil keputusan pemenang Pilkada Sumsel.(net/red)

Sumber : Merdeka.com
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar