Recent Posts

Labels

Resmikan Blok Santri, Kalapas Sekayu Terus Berinovasi untuk Pembinaan Warga Binaan

17/04/23


SEKAYU, - BJ.COM - Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sekayu. Hal tersebut ditunjukkan melalui diresmikannya Blok Santri di Lapas Sekayu, Senin (17/4/2023).

Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama mengatakan, Blok Santri merupakan sebuah blok hunian di Lapas Sekayu yang bernuansakan religi Islam. Seluruh kegiatan di Blok Santri meliputi pengajian bersama, salat berjamaah, shalawatan, dan terdapat kajian Islam. 


Griya Santri/Blok Santri merupakan terobosan agar semua WBP mendapatkan sentuhan nilai-nilai agama, yang pada akhirnya bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari seperti nilai keimanan, ketaqwaan, akhlak, etika dan adab, ibadah, serta nilai-nilai agama lainnya. Blok Santri tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Program Tahfidz Alquran. Program tersebut bekerja sama dengan Kementerian Agama Muba dan Rumah Tahfidz Annur Sekayu. 

"Hadirnya Griya Santri/Blok Santri bertujuan untuk meningkatkan keikutsertaan WBP dalam pelayanan pembinaan kerohanian, serta menciptakan nuansa dan kultur agamis pada blok hunian. Sehingga, indikator kinerja utama Lapas dapat tercapai, yaitu meningkatnya presentase WBP yang ikut pembinaan kerohanian," ungkap Ronald Heru Praptama. 

Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama menambahkan, pihaknya juga meningkatkan berbagai fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan di Blok Santri. Di antaranya, berupa pemasangan keramik, pengecatan dinding, pemasangan lemari pakaian, serta memberikan Alquran dan sajadah kepada seluruh warga binaan di Griya Santri.


"Adapun pembuatan lemari pakaian dilakukan oleh Seksi Kegiatan Kerja, di mana para WBP yang melakukan pembuatan. Itu semua kami lakukan demi kenyamanan kegiatan di Blok Santri," tambah Ronald Heru Praptama. 

Awaludin, salah satu warga binaan Blok Santri mengaku sangat berterima kasih kepada Kalapas Sekayu dan jajaran atas diresmikannya Griya Santri/Blok Santri Lapas Sekayu. Ia mengaku sangat bersyukur, karena dapat merasakan kegiatan keagamaan dengan baik dan nyaman.

"Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Kalapas Sekayu, semoga dengan adanya Blok Santri ini, kami semua dapat khusyuk melaksanakan ibadah dan mendalami ilmu agama," kata Awaludin.(Warto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar