Recent Posts

Labels

Saat Hanapi SE Kepala Bidang PM.SDA-TTG Sampaikan Ini Dalam Pelatihan Kapasitas Aparatur Desa

04/03/23


MUBA, Bj.Com - Dalam bentuk Peran serta Pemerintah Desa, untuk Penguatan Kelembagaan Desa guna Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengelolaan SDA Desa Guna Terwujutnya Inopasi Desa, Sabtu 4/3/2023

Pelatihan Kapasitas Aparatur Desa bertempat di SDN 1 Langkap Desa Langkap Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin dan di ikuti oleh 4 desa yaitu Desa Tanjung Kerang  yang kepala Desanya H.Supriadi, SH. Desa Gajah Muda  kepala Desanya Panterius Aprivovie, SH. Kades Gajah Mati kepala Desanya, Subandi Arif dan Desa Lagkap Yang Kepala Desanya, Jiko Mitrojoyo Selaku tuan rumah.

Dalam Kegiatan Pelatihan Peningkatan Aparatur Desa sebagai Nara sumber, Dinas PMD, Inspektorat, Kejaksaan, dan Kecamatan, masing masing desa mengirim kan 25 peserta.


Menurut Hanapi SE Sesuai dengan gerakan Musi Banyuasin membangun yang tertuang dalam dokumen rencana pembangunan daerah 2023-2026 yang di susun berdasarkan 3 (tiga) tujuan yang di antaranya, Terwujudnya pertumbuhan ekonomi inklusif, Terciptanya SDM yang berdaya saing dan Terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik (Good Govermance)

Adapun Dasar Hukum UU No 6/2014 Tentang Desa, Pemdes PDTT No 23/2017Tentang Tentang Pengembangan dan Penerapan TTG dalam Pengelolaan SDA Desa.

Berdasarkan Penjelasan yang di sampaikan  tentang Teknologi Tepat Guna Teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat di manfaatkan dan dapat di pelihara oleh masyarakat  secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan.

Posyantek Desa merupakan Lembaga pelayanan TTG di Desa yang memberikan pelayanan teknis informasi dan orientasi berbagai jenis, 

Sumber Daya Alam Semua daya keadaan fungsi alam dan makluk hidup, yang merupakan hasil proses alamiah, baik hayati maupun nonhayati, terbarukan maupun tidak terbarukan,

Maksut Pembentukan Posyantek Desa untuk mempercepat dan permudahan pemanfaatan teknologi tepat guna oleh permasyarakatan dalam pengelola SDA Desa, dalam penyampaian Akir dalam kegiatan Hanapi sampaikan tentang prinsip kegiatan Posyantekdes tentang kerjasama, berwawasan lingkungan, mempertimbangkan potensi sumberdaya alam, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran serta masyarakat, 

untuk Jenis kegiatan Posyantek Desa Kata Hanapi, Tentang Investasi TTG, Pelayanan Informasi TTG, Kursus/Pelatihan/Magag TTG, Program TTG, Pengembangan TTG. terangnya.(Warto)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar