Recent Posts

Labels

Pemdes Petaling Adakan Giat Pelatihan Aparatur Desa Di Teluk Kijing II

14/03/23


LAIS,  Bj.Com - Dalam rangka melakukan pembinaan kepada seluruh aparatur desa, kali ini Kepala Desa Petaling IFIAT, S.P.d.i. mengajak perangkat desa nya untuk mengikuti pelatihan aparatur desa pada hari Selasa,14/3/2023


Pelatihan bertempat di Desa Teluk Kijing ll, di Gedung Serba guna, dan di sana ada 4 desa yang mengikuti pelatihan tersebut, di antarannya Desa Petaling, DesaTeluk Kijing 1, Desa Teluk Kijing ll dan Desa Rantau Keruya, masing masing desa mengajak perwakilannya sebanyak 25 peserta, dan peserta tersebut dari unsur BPD, Kasi, Kaur dan Aparatur Desa, pelatihan akan di adakan selama tiga hari berturut turut, dan di mulai tanggal 13 kemarin.



Pada Pembukaan pelatihan yang di sampaikan oleh kepala Dinas PMD, H.Richard Chahyadi AP,M,Si, menyampaian dalam Setudi materi ke peserta pelatihan, Tentang Pemerintah Desa, berdasartan UU no 6 tahun 2014 tentang pemerintah desa, dan tentang tugas tugas pokok kepala Desa dan wewenang kepala desa, serta mentaati peraturan perundang undangan yang berlaku, dan yang terutama Dasar Hukum UU No6/2014 Tentang Desa, Permendesa PDTT No 23/2017 Tentang  Pengembangan dan penetapan TTG dalam pengelolaan SDA Desa.



Sambungnya melalui bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan Desa, di harapkan setelah bimtek pemerintah Desa dan BPD, mampu menetapkan Peraturan Desa tentang bagaimana desa dapat mempunyai Pendapatan Asli Desa (PAD), karena desa sekarang telah diberi kewenangan, dan kewenangan itu harus ditetapkakn terlebih dahulu dalam Peraturan Desa tentang Daftar Kewenangan Desa Berdasarkan hak asal Usul dan Kewenangan Desa Lokal bersekala Desa, sebagaimana ketentuan Pasal 5 Perbup 10/2021,  bahwa Pemdes dan BPD diminta untuk menetapkan peraturan desa tentang Daftar Kewenangan Desa Berdasarkan hak asal Usul dan Kewenangan Desa Lokal berskala Desa. 


Tentunya Pendapatan Asli Desa (PAD) dapat menjadi sumber Pendapatan lainnya yang masuk dalam APBDes selain Dana. Desa dan Dana Alokasi Desa, jelasnya,


Terpantau oleh awak media, seluruh Aparatur Desa yang hadir sangat semangat menerima materi yang di sampaikan oleh Kepala Dinas PMD, H.Richard Chahayadi. sampai saat ini beliau sudah menyelesaikan Kegiatan pelatihan  aparatur sebanyak 4 Empat kecamatan dan 57 Desa di kabupaten Musi Banyuasin.(Warto/md)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar