Layang-layang Naga Turut Meriahkan HUT Kabupaten Ogan Ilir ke 19


OGANILIR.BJ-Puluhan layang-layang hias termasuk naga sepanjang 115 meter terbang dilangit Tanjung Senai Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT) Pemkab Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Kegiatan festival layang-layang ini dalam rangka rangkaian menyambut Hari Jadi Kabupaten Ogan Ilir ke-19 tahun 2023. Layang-layang naga dan bermacam layang-layang hias ini didatangi langsung dari Lampung dari Komunitas Pelangi Lampung.

Ketua pelaksana kegiatan, M Tahir Ritonga mengatakan, ada sebanyak 30 layang-layang hias yang diterbangkan di langit Ogan Ilir. 

“Ada macam-macam layang hias, mulai dari layang ikan patin, hiu, naga, dan lain sebagainya," ujarnya, Selasa 3 Januari 2021

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Panca Wijaya Akbar, dan dihadiri Wakil Bupati H Ardani, Waka Polres Kompol Vita, Ketua Kormi Sumsel, Hj Zaitun, para Asisten, dan para kepala OPD, serta undangan lainnya ini juga diadakan lomba layang Aduan.

"Selain ada layang hias, kita juga mengadakan lomba layang Aduan, ada juga lomba mewarnai untuk anak-anak. Kegiatan ini, tidak lain bertujuan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Ogan Ilir ke-19 Tahun 2023,” katanya.

Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, kegiatan ini selain dalam rangka rangkaian HUT Ogan Ilir ke-19 juga sebagai titik awal menjadikan Ogan Ilir sebagai destinasi wisata layang-layang.

"Kedepan tahun 2024, kita instruksikan kepada seluruh Kepala Desa mengirim layang-layang hias sesuai ikon desa masing-masing, seperti Pemulutan yang ikonnya buaya, harus buat layang-layang buaya," terangnya.

Dengan adanya Komunitas Layang Pelangi baik dari Sumsel dan Lampung ini juga diberikan edukasi cara membuat layang-layang hias. 

"InsyaAllah, kedepan tiap desa dan Kecamatan sudah memiliki layang-layang hias sendiri," tukasnya.

Pada kesempatan ini juga Bupati juga mengatakan, untuk pesta rakyat akan menghadirkan H Roma Irama dan Penutupan akan menghadirkan Andika Kangen Band.

"Grup Soneta H Roma Irama dan Personilnya akan hadir dalam puncak HUT Ogan Ilir 7 Januari pada malam minggu nanti, penutupan pada 10 Januari, Andika Kangen Band akan kita tampilkan," tukas Bupati.

Ditambahkannya, Bupati berharap agar semua komponen termasuk masyarakat bisa mensukseskan acara ini. 

“Untuk kemacetan yang akan terjadi, kita akan antisipasi itu, agar masyarakat yang hadir bisa menikmati dengan aman dan nyaman, ini pesta masyarakat," katanya.(Gheka)

Share on Google Plus

About warto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar