Wakil Bupati Asahan Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022


Asahan, BJ.COM - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S, Sos, M. Si mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi (OPS) Lilin Toba 2022, di Mapolres Asahan, Kamis (22/12/2022). Kapolres Asahan bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Di Kabupaten Asahan tersebut. Turut Hadir Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kajari Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili PA Kisaran, Mewakili PN Kisaran, OPD, Kakankemenag, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP dan petugas dalam OPS Lilin Toba 2022.

Dalam amanatnya, Kapolres Asahan menyampaikan pidato tertulis Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang mengatakan, momentum Nataru selalu di tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap peningkatan mobilitas masyarakat. Karenanya, dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta Stakeholder terkait, hari ini digelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta di lanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 3-9 Januari 2023. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengatasi potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas jalan serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan. "Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan", ucapnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengendalian ketahanan pangan dan BBM. "Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan Stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan. Imbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga. Apabila terdapat upaya spekulan, lakukanlah gakkum secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, guna memastikan ketersedian stok BBM, serta pastikan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik.", terang Beliau.

Kapolri juga sampaikan, khusus pengamanan ibadah Natal, agar setiap personel Polres memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI dan elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama agar pelaksanaan ibadah yang dijalani Umat Kristiani dapat berjalan lancar dan kondusif. “Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan Khidmat, serta merayakan Tahun Baru dengan penuh suka cita”, tutup Kapolres mengakhiri sambutan Kapolri.

Lebih lanjut Kapolres Asahan sampaikan, untuk Kabupaten Asahan sendiri, Polres Asahan menugaskan 400 personel ditambah 152 personel Instansi terkait yang akan bertugas pada OPS Lilin Toba 2022. "Untuk pos ada 8 pos yakni 3 Pos Pelayanan (Meranti, Air Batu, Aek Ledong), 4 Pos Pengamanan (Katarina, Simpang Empat, Pulau Raja, Bandar Pasir Mandoge) dan 1 Pos Pelayanan Terpadu yang berada di Stasiun KAI Kisaran", ucap Kapolres.

Sementara Wakil Bupati Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung sepenuhnya OPS Lilin Toba 2022 yang dilaksanakan oleh Polres Asahan. “saya ucapkan terima kasih dan apresiasi serta dukungan sepenuhnya terhadap giat yang dilaksanakan oleh Polres Asahan. Dan diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu upaya kita bersama dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Asahan yang akan menyambut Nataru”, pungkas Wakil Bupati. (Mk)
Share on Google Plus

About Bulletin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar