Pelantikan 173 Kades Terpilih di Ogan Ilir Rampung, Bupati Panca Sebut Pilkades Tersukses


OGANILIR, BJ.COM - Proses pelantikan terhadap 173 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Ogan Ilir, akhirnya selesai dilaksanakan. Meskipun sempat ada pembatalan Pemilihan Kepala Desa Tanjung Sejaro, lantaran salah satu calon mengundurkan diri dari Pilkades Serentak.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengatakan, dengan dilantiknya seluruh Kades terpilih melalui Pilkades Serentak Tahun 2022, secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades di Ogan Ilir berjalan dengan aman dan kondusif.

"Alhamdulillah, seluruh Kades terpilih selesai kita lantik, termasuk Kades Tanjung Sejaro yang mengikuti Pilkades gelombang kedua," ungkapnya, Jumat, 30 Desember 2022.

Bupati Panca juga menyebut, bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Ogan Ilir pada Tahun 2022 ini merupakan yang tersukses di Indonesia. Dimana, desa yang mengikuti Pilkades sebanyak 173 dengan jumlah kontestan 591 calon.

"Kemudian, pelaksanaan uji kompetensi yang bekerjasama dengan Balitek Sriwijaya untuk menentukan lima besar calon Kades, merupakan yang pertama kalinya di Sumsel," sebut Panca.

Pelaksanaan uji kompetensi calon Kades tersebut, dilakukan untuk mendapatkan calon Kades yang benar-benar mumpuni dan mempunyai kemampuan.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Ilir, Akhmad Lutfi mengungkapkan, sebagai penyelenggara Pilkades Serentak dan Pilkades gelombang kedua di Ogan Ilir Tahun 2022, seluruhnya berjalan kondusif tanpa halangan apapun.

"Dari 173 Kades terpilih dan 67 titik lokasi pelantikan, Alhamdulillah seluruhnya terlaksana dengan baik dan sukses," ucapnya.

Menurut Lutfi, kesuksesan dari awal proses Pilkades Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Ogan Ilir hingga proses pelantikan ini tidak luput dari peran serta semua pihak yang telah membantu menyukseskan Pilkades Serentak di Ogan Ilir.

"Dan kepada Kades yang sudah dilantik, kita semua berharap supaya dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan apa yang diucapkan saat diambil sumpah," harapnya.

Khusus kepada Kades yang baru terpilih, Lutfi berpesan, supaya banyak-banyak belajar dan memahami aturan-aturan dalam melaksanakan tugas terutama terkait penggunaan dana desa. 

"Sesuai dengan pesan Bapak Bupati, kita juga akan memberikan pembekalan teknis kepada para Kades baru ini terkait pemerintahan, keuangan, dan semuanya," katanya.(Gheka)
Share on Google Plus

About Bulletin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar