Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Lantik Kades Sunur Secara Spesial


OGANILIR, BJ.COM - Kepala Desa (Kades) terpilih Desa Sunur, Kecamatan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, Irwandi kemarin resmi dilantik Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar. Selasa (6/12/2022) di Desa Sunur.
Irwandi merupakan salah satu kandidat pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 15 Oktober 2022 lalu.

Hadir pada proses pelantikan tersebut , Kejari Ogan Ilir, Nur Surya, Kapolsek Muara Kuang, Koramil Muara Kuang, para pejabat lingkungan Pemkab Ogan Ilir, Camat Muara Kuang, Ketua Bapilu Partai Gerindra Ogan Ilir, Hernawan,serta undangan lainnya.

Kades Sunur Irwandi dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan syukur dan berterimakasih kepada panitia Pilkades dan masyarakat Desa Sunur atas telah terlaksananya pemiliahan Kepala desa yang berlangsung dengan baik dan lancar.


"Alhamdulillah secara langsung, hari ini saya dilantik Pak Bupati Panca. Kemenangan Pilkades kemarin kemenangan masyarakat Sunur. Insya Allah saya akan mengemban tugas dan amanah ini dengan sebaik mungkin,"katanya.

Irwandi juga mengajak masyarakat bersama-sama membangun desanya.

"Mari kita sama-sama membangun Desa Sunur yang kita cintai ini,"katanya.

Sementara Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kades Irwandi dan Istri, yang baru saja dilantik Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa Sunur. 

"Pelantikan Kades Sunur hari ini sangat spesial, karena dilantik sendiri, karena tidak ada desa tetangga. Kalau yang lain itu ada yang dua, tiga, bahkan empat, karena desa tetangganya berdekatan," kata Bupati Panca.

Masih kata Bupati, seyogyanya 172 Desa yang mengikuti Pilkades serentak kemarin akan dilantik perdesa. Tapi mengingat memakan waktu yang cukup lama, jadi menyesuaikan waktu habisnya jabatan yang lain.

"Inginnya tiap desa dilantik, mengingat makan waktu lama, jadi kita bagi gabungkan ada yang 2, 3,dan bahkan 3 desa. Insya Allah akhir Desember 2022, 172 Kades terpilih selesai dilantik. Mengingat masa jabatan Kades lama berakhir ada yang di Bulan November dan akhir Desember 2022," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Panca juga berpesan kepada Kades terpilih supaya menjunjung etika dan aturan yang berlaku dalam hal pergantian perangkat desa. 
Bagi perangkat desa hendaknya dapat mendukung Kades baru, namun bagi yang tidak berkenan silahkan mengundurkan diri.

"Kades baru jangan semena-mena, dan bagi perangkat desa harus mendukung. Apabila tidak mau ya silahkan mengundurkan diri. 
Begitu juga kades juga harus bersama saling memberikan dukungan dengan perangkat desa. Kita harus bersinergi antara pemerintahan desa dan kabupaten," tegas Bupati.

Meski Pilkades kemarin sempat memanas dibeberapa desa. Tapi pelantikan ini hendaknya menjadi momentum, untuk melupakan masalah Pilkades dan lupakan perbedaan.

Bupati Ogam Ilir Panca mengingatkan kepada Kades yang baru saja dilantik agar berhati-hati dalam penggunaan dana desa. 

Untuk para Kades terutama yang baru agar berkonsultasi soal penggunaan dana desa karena jangan sampai tersandung persoalan masalah, apalagi sampai ke ranah hukum. 
Bisa konsultasi dengan Dinas PMD, Inspektorat, pihak Kepolisian maupun Kejari Ogan Ilir. Tujuannya agar tidak salah langkah, imbuhnya.

Selanjutnya, Bupati melanjutkan ke Desa Tambang Rambang untuk melantik Kades terpilih Desa Tambang Rambang dan Tanjung Bulan, lalu Desa Sukananti untuk melantik Kades terpilih Desa Sukananti dan Desa Tangai Kecamatan Rambang Kuang.

Saat menuju Desa Sunur dan Sukananti, rombongan Bupati Panca dan Kejari Ogan Ilir Nur Surya harus melalui jalan tanah merah di perkebunan tebu PTPN Cinta Manis yang membutuhkan kesabaran saat melintas jalan tersebut karena sangat licin akibat habis diguyur hujan.(Gheka)
Share on Google Plus

About Bulletin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar