Kunjungi Desa Bukit Jaya, KI Pusat Lakukan Visitasi Evaluasi dan Apresiasi KIP Desa 2022


SUNGAI LILIN, bj.com - Setelah terpilih masuk 10 besar sebagai desa terbaik dalam lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional, Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan kunjungan langsung dari Tim Komisi Informasi (KI) Pusat, dalam rangka visitasi evaluasi dan apresiasi desa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa Tahun 2022.

"Alhamdullilah dengan jarak tempuh jalur darat yang lumayan jauh, kita bisa datang langsung mengunjungi Desa Bukit Jaya yang sudah berhasil masuk dalam 10 besar lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional. Sengaja saya pilih datang kesini, menjadi pertanyaan daerah keterbatasan geografis yang cukup jauh tapi bisa memgalahkan desa lainnya. Tentunya membanggakan, mewakili Provinsi Sumsel bisa terpilih dari 89 desa yang maju dalam  implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa,"ujar Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat H Arya Sandhiyudha PHd pada acara pembukaan Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa bertempat di Gedung Aula Desa Bukit Jaya, Kamis (17/11/2022).

Arya juga menyebutkan bahwa Desa Bukit Jaya sudah memenuhi indikator-indikator, sarana-sarana dan SDM serta pelayanan informasi dan inovasi-inovasi yg dilakukan sudah memenuhi. Mudah-mudahan kehadiran KI Pusat dan KI Pemprov Sumsel ke Desa Bukit Jaya, bisa memberikan dorongan lebih maju dan Desa Bukit Jaya bisa lebih memanfaatkan lagi keterbukaan informasi publik.

"Tujuan kegiatan ini, karena kita percaya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berorintasi  pembangunan itu tidak mungkin terwujud kalau tidak terbuka. Jadi ide tentang pemerintahan terbuka itu tidak hanya digelar di tingkat nasional tidak hanya sampai provinsi tapi juga sampai akar rumput di level desa. Kita ingin sekali apa yang dilakukan Desa Bukit Jaya juga dilakukan oleh semua desa lain di Indonesia, karena bisa juga memikul amanah anggaran dari setiap APBD maupun APBN yang diterima, karena itu semua ada pertanggungjawabannya dalam bentuk salah satunya kewajiban memberikan hak informasi masyarakat,"pungkasnya.

Wakil Ketua KI Pusat juga mengatakan, kalau sudah menjadi desa informatif, anak bangsa yang ada di Desa Bukit Jaya akan mudah maju. Contohnya saja coba targetkan sebanyak mungkin anak Desa Bukit Jaya bisa mendapatkan bea siswa baik dalam negeri maupun di luar negeri dengan adanya desa informatif ini.

"Informasi yang terbuka bukan hanya memaksa kades dan perangkatnya untuk keterbukaan anggaran yang di titipkan, tapi juga memberikan kesempatan yang sama bagi anak bangsa di Desa Bukit Jaya untuk maju, momen ini adalah pembuka gapura kemajuan bagi anak-anak disini,"ucap Arya.

Sementara itu Kades Bukit Jaya, Juhari AMa Pd menyampaikan, terimakasih kepada jajaran Pemkab Muba dan Pemprov Sumsel yang telah memberikan pembinaan, sehingga implementasi  keterbukaan informasi publik di Desa Bukit Jaya terpilih mendapatkan apresiasi di tingkat nasional.

"Kami ucapkan selamat datang kepada Komisi Informasi (KI) Pusat, kita berharap Desa Bukit Jaya mewakili Provinsi Sumsel bisa mendapatkan juara terbaik 1 di tingkat nasional dalam Lomba Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022,"ucapnya.

Turut hadir Perencana Ahli Pertama Kementrian PPN/Bappenas Rakadipta Septian Dwiputra, Anggota DPRD Provinsi Sumsel Toha, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumsel M Fathoni, Ketua Pokja Apresiasi Desa Ipza, Kabid IKP Dinkominfo Provinsi Sumsel Amrulllah dan Kabid Pemerintahan Desa DPMD Provinsi Sumsel Andrian, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan, SIP MSi, Kepala Dinkominfo Muba diwakili Kepala Bidang Informasi Publik Hj Tri Nurhayani SE MSi.(Warto)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar