Herman Deru Dukung Penuh Gabyar HPN dan Porseniwada PWI Sumsel


PALEMBANG, BJ.COM - Perhelatan gebyar Hari Pers Nasional (HPN), HUT ke-76 PWI dan Pekan Olahraga Seni Wartawan Daerah (Porseniwada) pada 4-6 Oktober 2022 di Kota Prabumulih disambut baik Gubernur Sumsel, H Herman Deru. 

Deru menyambut baik tema yang diusung PWI Sumsel yaitu meningkatkan peran dan sinergi pers dalam mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Bahkan Deru meminta dipasang baliho gebyar HPN ini di seluruh Kota dan Kabupaten Se-Sumsel. 

Deru memastikan akan hadir pada acara gebyar HPN dan Porseniwada di Prabumulih , saat menerima pengurus PWI Sumatera Selatan bersama Kadin Kominfo Prabumulih melakukan audensi di ruangan Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (27/9/2022).

“Ok, aku hadir pada acara puncak nanti,” ujar Gubernur Sumsel ini.

Namun, ia mengajak seluruh stakeholder agar menggencarkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang bertujuan untuk pembangunan di Sumsel.

 “Masalah GSMP itu harus didengungkan lewat billboard. Jadi satu kabupaten satu billboard dengan tonjolkan keterkaitan HPN. Ya, sifatnya ajakan dan informatif,” pinta Herman Deru.

Ketua PWI Sumatera Selatan, H Firdaus Komar SPd MSi mengucapkan terima kasih atas kesediaan Gubernur Sumsel H Herman Deru yang akan berkesempatan hadir pada acara nanti. 

“Gebyar HPN dan HUT PWI nanti selain Pak Gubernur akan dihadiri dari Dewan Pers dan Ketua PWI Pusat,” pungkas pria yang akrab dipanggil Firko ini.

Dikatakan Firdaus, guna guna memperkuat sinergi Pers dengan program Pemprov Sumsel yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak seluruh stakeholder agar menggencarkan program yang bertujuan untuk pembangunan di Sumsel.

Salah satunya, dengan mengajak seluruh insan pers agar ikut peran serta dalam mensosialisasikan program yang salah satu jadi unggulan di Sumsel yakni GSMP. Terlebih, bakal diadakannya Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI di Prabumulih. 

"Pangan itu sangat strategis, saya pikir pangan dan energi dua hal yang substansi," kata Firdaus.  

Firdaus menambahkan, HPN dan HUT PWI yang digelar di Prabumulih pada 4-6 Oktober mendatang, akan diadakan pekan olahraga wartawan dan kesenian daerah. 

"Nanti diadakan juga pekan olahraga wartawan dan kesenian daerah," katanya. 

Sementara, Mulyadi Musa, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prabumulih menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dipercayakakannya Kota Prabumulih sebagai tuan rumah HPN dan HUT PWI.
 
"Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjadi tuan rumah Gebyar HPN dan HUT PWI," katanya. 

Lanjutnya, dengan digelarnya HPN dan HUT PWI di Prabumulih ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi sekaligus ikut mendorong program Sumsel Mandiri Pangan. Untuk itu, pihaknya bakal semaksimal mungkin menjadikan kegiatan ini berlangsung meriah.

"Tentunya ini suatu prestasi daerah, dan kami berupaya agar semaksimal mungkin untuk memberikan kemeriahan dan semoga berlancar dengan baik," katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini, Bendahara Novas Riady, Wakil Ketua Bidang Organisasi Anwar Rasuan, Kepala Dinas Kominfo Prabumulih Mulyadi Musa, Karo Humas dan Protokol Rika Efianti, dan Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan. 

Rangkaian HUT ke-76 PWI dan Hari Pers Nasional 2022, PWI Prabumulih akan menggelar Porseniwada yang akan dilaksanakan di Islamic Center, Kota Prabumulih, Selasa, 4 Oktober 2022 mendatang. 

Dalam pembukaan Poseniwada nanti akan digelar Expo Media dan UMKM, Gebyar Mewarnai (Paud, TK, SD) dan senam Kormi Prabumulih dan pertandaingan berbagai cabang olahraga.

Ketua PWI Provinsi Sumsel H Firdaus Komar, SPd mengatakan, dalam rangka menuju puncak HUT ke-76 PWI dan Hari Pers Nasional 2022, PWI Prabumulih disuport Pemerintah Kota Prabumulih akan di gelar expo dan lomba.

“Ini adalah rangkaian puncak peringatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Powarnas) yang akan dilaksanakan di Malang, Jawa Timur nanti. Kita dari PWI Sumsel mensuport kegiatan PWI Prabumulih dan Pemerintah Kota Prabumulih dalam rangka memperingati HPN dan HUT ke-76 PWI,” jelasnya, Jumat (23/9/2022) di Kantor PWI Sumsel Jalan Supeno No.11, Palembang.

Firdaus mengatakan, dengan tema Memperkuat Peran dan Sinergi Pers dalam Mensukseskan Sumsel Mandiri Pangan diharapkan dapat memberikan motifasi kepada insan pers, terutama anggota PWI untuk terus mengedukasi masyarakat walau tidak melalui tulisan namun bisa mendorong masyarakat untuk terus berolahraga untuk meuju sehat.

“Nanti akan di gelar berbagai perlombaan, seperti lomba senam, mewarnai dan ada expo mulai dari tanggal 4,5 dan 6 Oktober 2022,” bebernya.

Tambahnya, selain itu akan dilakukan pembukaan Porseniwada di Stadion Talang Jimar Kota Prabumulih.

“Nanti akan dilakukan Defile Kontingen PWI Kabupaten/Kota dan persiapan pertandingan sepakbola dan digelar pertandingan sepakbola persahabatan Tim PWI vs Pemkot Prabumulih,” tambahnya.

Firko (sapaan akrab Firdaus Komar) menambahkan, untuk menuju Porwanas di Malang nanti, PWI Sumsel juga menggelar cabang-cabang olahraga seperti Bulutangkis dan Tenis Meja.

“Untuk di Kota Prabumulih ini di gelar juga lomba khusus bagi wartawan yakni lomba Adzan dan MTQ, artinya selain menjadi pilar ke empat dalam Negara, kita juga memikirkan bagaimana membentuk wartawan yang berakhlaq,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut PWI Provinsi Sumatera Selatan akan menyerahkan Award PWI dan Sertifikat kepada wartawan senior yang sudah berperan penting di dunia pers dan beberapa penghargaan juga akan diberikan kepada perusahaan dan pemerintah karena dinilai ikut berperan penting dalam mencerdaskan dan mensuport wartawan selama ini, puncak acara dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari dan dari Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto.(Iswadi)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar