Recent Posts

Labels

PemDes Nusa Serasan Mengadakan Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Dalam Pencegahan Stunting

24/08/22


SUNGAI LILIN, Bj.com  Pemdes Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Dalam Pencegahan Stunting.

Dari  pantauan awak media, Selasa (24/8/2022),  Pelatihan tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Linggosari yang di hadiri oleh kepala desa, Sekdes,Kader KPMD, Bidan Desa, Kader Posyandu, Guru Paud, kader PKK, BPD yang di wakili Oleh BUMDES dan Relawan covid – 19.

Adapun sebagai narasumber yakni dari,  Dinas PMD, pihak pemerintah Kecamatan, DPPKB, KPAD, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, inspektorat serta dari Polres Muba.


Kegiatan pelatihan ini adalah merupakan program ketahanan pangan melalui dana desa Tahun 2022 Desa Nusa Serasan, yang mana, di pasilitasi oleh Dinas PMD Kabupaten Muba .

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan kesadaran masyarakat khususnya wanita untuk mengubah perilaku dalam mengkonsumsi pangan yang mengarah pada beragam, gizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal desa untuk pencegahan Stunting.

" Ya,  ada 20 peserta yang kita ikut sertakan dalam pelatihan kegiatan ini, dilaksanakan selama 3 hari," jelas kades Nusa Serasan Rudi Hartono pada Figurnews.com (24/8).

Selain itu, Rudi Hartono  juga mengatakan,  melalui kegiatan pelatihan inilah, Kelembagaan Desa dapat meningkatkan pangan serta mencegah terjadinya stunting terhadap balita di desa  Nusa Serasan ini.

" Tentunya kami berharap, bagi masyarakat  untuk selalu tetap menjaga pola hidup sehat  guna mencegah terjadinya stunting ," imbuhnya.


Sementara itu Kadis PMD Muba H. Richard Chahyadi AP, MSi melalui kabid SDA, TTG Hanafi SE, di dampingi Kasi Beniyansenen SE, MSi mengatakan, Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Dalam Pencegahan Stunting ini yang kita laksanakan.

Berdasarkan peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021, Permendes Nomor 7 tahun 2021 Tentang Pengelolalaan Dana Desa Tahun 2022 .

Dan Perbub nomor 6 tahun 2022 Tentang Tata cara Pembagian Rincian Kegiatan dan Petunjuk Teknis Kegiatan Dana Desa Tahun 2022.

"Pelatihan ini diikuti oleh 20  sampai 25 orang peserta di masing-masing desa. Diantaranya, Bidan Desa, Kader Posyandu, Guru Paud, kader PKK, BPD yang di wakili oleh BUMDES dan Relawan covid – 19," pungkasnya singkat,(wrt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar