Desa Bitis Ditetapkan Pilot Project Kampung Reforma Agraria


Muara Enim, BJ.COM - Pj.Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP., M.Si., membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 yang digelar di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (02/08).

Selaku Ketua GTRA Kabupaten Muara Enim, Pj. Bupati menyambut baik ditetapkannya Desa Bitis, Kecamatan Gelumbang sebagai pilot project Kampung Reforma Agraria dengan potensi perkebunan karet, budidaya jamur tiram dan peternakan sapi.

Pada acara yang dihadiri Kabid Penataan dan Pemberdayaan, Drs. Makmur A. Siboro, M.Eng., Sc., mewakili Kepala Kantor wilayah BPN Provinsi Sumsel, Kepala Kantor Pertanahan Muara Enim, Abdullah Adrizal, S.T., M.M., Kepala OPD dan anggota tim GTRA Kabupaten Muara Enim juga dilaksanakan simbolisasi penandatangan Berita Acara Kesepahaman dan Kesepakatan mengenai pelaksanaan Reforma Agraria Muara Enim Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Pj.Bupati mengatakan dengan ditetapkannya Desa Bitis sebagai pilot project, dapat menjadi etalase pelaksanaan reforma agraria skala kecil di Kabupaten Muara Enim. Tentunya kedepan dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut, Pj. Bupati menuturkan berbagai upaya maupun kemajuan yang telah dilaksanakan oleh tim GTRA Kabupaten Muara Enim hingga tahun 2022 ini. Terutama melalui penataan aset yang disertai dengan penataan akses tanah demi mengatasi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah agar ditata dengan lebih berkeadilan.

Oleh karenanya dirinya mengajak semua berperan aktif dalam kegiatan GTRA. Selain legalisasi aset maupun redistribusi tanah dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, dengan keterlibatan dan kolaborasi banyak pihak maka reforma aksesnya-pun dapat berjalan dengan semestinya.(ijas)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar