Kabupaten Muara Enim Kembali Toreh Nilai Tertinggi SAKIP Se- Provinsi Sumatra Selatan


Muara Enim, BJ.COM - Kabupaten Muara Enim kembali meraih nilai tertinggi dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP) Kemenpan RB tahun 2021 Se-Provinsi Sumatera Selatan dengan torehan nilai 74,54 atau predikat BB.

Hasil penilaian SAKIP dari Kemenpan RB diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dari Pj Sekretaris Daerah (Sekda) H Emran Tabrani di ruang kerja Bupati Muara Enim, Senin (18/4/2022).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar, mengapresiasi hasil penilaian yang diraih jajaran Pemkab Muara Enim yang berhasil mempertahankan nilai BB sejak tahun 2020.

Namun begitu, Nasrun meminta seluruh OPD tidak berpuas diri dengan terus berupaya mengejar nilai SAKIP menjadi A. “Penghargaan ini tentu harus kita syukuri, namun Kabupaten Muara Enim sebagai daerah pilot project reformasi birokrasi harus mengejar SAKIP tertinggi hingga nilai A,” ungkapnya.

Nasrun berharap, Kabupaten Muara Enim menjadi daerah pertama di luar pulau Jawa yang berhasil menyabet nilai SAKIP A. Untuk itu, dirinya menginstruksikan seluruh OPD terutama Kepala Biro Organisasi agar berkolaborasi dengan banyak pihak termasuk Kemenpan RB.

“Saya yakin dengan 2 bulan pendampingan, Kabupaten Muara Enim bisa capai Nilai A selama 2 tahun ke depan,” tuturnya.

Selain itu, Nasrun juga menyoroti sejumlah komponen penilaian yang perlu terus digenjot. Adapun empat komponen penilaian yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja serta capaian kinerja.

Sementara Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, H Emran Tabrani mengungkapkan beberapa catatan terkait kualitas akuntabilitas kinerja Kabupaten Muara Enim. Diantaranya masih terdapat sasaran strategis dan indikator kinerja yang belum berorientasi hasil dan kurang relevan pada level jabatan di Perangkat Daerah.

“Dalam rangka mengefektifkan penerapan budaya kinerja, menindaklanjuti rekomendasi pada tahun sebelumnya dan rekomendasi tahun ini agar implementasi SAKIP dapat mendorong budaya kinerja yang mendukung pencapaian sasaran yang telah ditetapkan,” pungkasnya.(Hijas)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar