Recent Posts

Labels

Musrenbang RKPD Tahun 2023 Kabupaten PALI Prioritaskan Empat Pembangunan

31/03/22

PALI, BJ.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten PALI, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Bupati PALI H Heri Amalindo diwakili oleh Wakil Bupati PALI H Soemarjono membuka secara resmi Musrenbang RKPD tahun 2023 di Aula Kantor Bupati KM 10, Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Kamis (31/3/2022).


Wakil Bupati PALI H Soemarjono menjelaskan, musrenbang diselenggarakan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat, kata Wabup.

"Sekaligus wadah menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan", terang Soemarjono.

Pemerintah Kabupaten PALI menggelar Musrenbang RKPD ini bertujuan meningkatkan SDM yang unggul guna mendukung pemulihan ekonomi Daerah.


Dalam sesi tanya jawab, Hasanuddin warga Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi berharap agar pembangunan dan bansos merata serta berkeadilan.

Sebab ada salah satu warganya sangat-sangat miskin, bahkan membangun gubuk tempat tinggal ia bantu dengan menggunakan dana pribadi. Sedangkan warga yang lainnya yang lebih mampu dan berkecukupan mendapatkan bansos, ungkap Hasanuddin.


Wakil Bupati Pali Drs H Soemarjono mengatakan, masalah bansos ini sangat riskan sering terjadi salah sasaran.

"Masyarakat yang benar-benar miskin, rumah gubuk berlantai tanah atap dari Rumbia tidak tersentuh bansos.

Sedangkan, warga yang menengah keatas atau kaya mendapatkan bansos, saya minta dinas terkait, Kepala Bappeda, Dinsos untuk mendata ulang dan menyelesaikan masalah ini".


Ditempat yang sama Kepala Bappeda Kabupaten PALI Ahmad Jhoni mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2023 mengutamakan empat prioritas pembangunan, yang pertama pembangunan pemulihan ekonomi, penanganan dan pengentasan masalah kemiskinan, pembangunan infrastruktur dasar dan juga olah tata pemerintahan yang harus kita kuatkan agar pelayanan publik tata kelola pemerintahan meningkat, ujarnya.

"Pembangunan pemulihan ekonomi kita fokuskan bidang daya saing sektor UMKM, dan sektor pertanian, perternakan serta perikanan", ungkap Jhoni.

Selain infrastruktur dasar, salah satu pembangunan yang menjadi prioritas Rumah Sakit tipe C di depan Polres PALI, ungkap Jhoni, setelah mendapat persetujuan pinjaman PT SMI dan Bangub untuk penyelesaian pembangunan Rumah Sakit dari awal pembangunan, hingga fasilitas dan alkes menggunakan dana berkisar 264 miliar, tutup Kepala Bappeda PALI Ahmad Jhoni.(ADV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar