"https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2lu2MGirCPCztiSNyJTVM0dFw50Zf0cDEGgHPXeKxdNtrK7g49LufEzPosEcgU4wLMg8yjcUqvtBWTShVZARwExEmUp84qsaWaxnNDWt8_T6bVx6byf6C9rUo4Apm1gCWV0h07kCaHYtnyQrxdCPtPHm9mKsl40CnZ-upyVBiQ2MYMNiCAE2Wf8SB/w640-h106/Website-1.jpg" />

PTPN III Kebun Sei Dadap Lakukan Bumbun Antisipasi Pohon Tumbang Akibat Gonoderma


Asahan, BJ.COM - Guna menjaga berkelanjutannya produksi untuk budidaya tanaman kelap sawitnya, PTPN III Kebun Sei Dadap terus berupaya menjaga dan memelihara kondisi pokok kelapa sawitnya agar tetap berproduksi dengan efektif.

Berbagai cara dan upaya dilakukan oleh Manajemen PTPN III Kebun Sei Dadap, termasuk dengan di berdayakannya alat berat untuk menutupi batang pohon kelapa sawitnya, seperti yang dimonitor oleh awak Media saat melintas di jalan lintas Sei Dadap, Selasa (18/01/2022).

Awalnya awak media merasa penasaran terhadap kegiatan yang di lakukan oleh Manajemen Perkebunan PTPN III Kebun Sei Dadap, sehingga awak Media mengunjungi kantor PTPN III Kebun Sei Dadap untuk mendapatkan jawaban dari kegiatan tersebut.

Melalui Manajer PTPN III Kebun Sei Dadap, Iwan Franata SP, awak media mendapat jawabannya mengapa tanaman kelapa sawitnya yang sudah berproduksi harus di timbun tanah pada lingkaran piringan kelapa sawitnya.

Menurut Iwan Franata SP, kegiatan tersebut di sebut di bumbun, gunanya adalah untuk mencegah terjadinya pohon tumbang yang di sebabkan oleh gulma ganuderma, dan kegiatan bumbun ini khusus di peruntukan daerah yang rawan gulma saja.

"Jadi kegiatan ini namanya di bumbun, sehingga batang kelapa sawitnya atau persisnya pada piringan pohon kelapa sawit ditutup oleh tanah, dan di harapkan dengan inovasi yang kami lakukan ini bisa membuat tanaman kelapa sawit yang produktif bisa terhindar dari serangan gulma ganuderma,namun kegiatan ini masih merupakan ujicoba kami," Papar Iwan Franata SP.

Dan saat di singgung apakah sejauh ini sudah menunjukkan hasil yang signifikan antara daerah yang sudah di bumbun dengan yang tidak di bumbun.

"Pastinya karena kegiatan baru tahap awal dan baru beberapa Minggu, tentunya belum bisa kita lihat perbedaannya sekarang, namun saya yakin jika tanaman kelapa sawit yang di bumbun pasti akan lebih baik dari segi potensi pokok dan hasilnya kelak," ucap pak Manajer.

Bravo buat PTPN III yang terus berinovasi dengan ide-ide nya yang brilian, semoga hasilnya sesuai harapan.(Mk)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar