Recent Posts

Labels

Adopsi Pohon OemakOnglen, Muba Fasilitasi Lewat Marketplace

21/11/21


Palembang - Bj.Com - Berbagai terobosan inovasi terus digencarkan Pemkab Muba guna mewujudkan konsep pembangunan hijau berkelanjutan termasuk mencari solusi pembiayaan yang green bagi kawasan hutan khususnya di wilayah Bumi Serasan Sekate. 


Dalam kaitan tersebut, Pemkab Muba bersama UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Benakat menginisiasi marketplace yakni Jejak.In guna memfasilitasi para pihak untuk mengadopsi pohon Unglen yang kini mulai langka kelestariannya. 


Diketahui, sebelumnya pada Januari 2021 Plt Bupati Beni Hernedi SIP telah memulai mengadopsi pohon Unglen berdiameter 150 cm yang akrab disebut OemakOnglen hingga tahun 2026 mendatang. 


"Konsep marketplace ini akan menjadi yang pertama di fasilitasi oleh Kabupaten Muba. Jadi para pihak yang ingin mengadopsi lebih mudah lagi dengan cara mengakses Jejak.In," ungkap Kepala UPTD KPH Wilayah Benakat, Neneng H Leliana SHut, Jumat (19/11/2021) saat 

Rapat Pembahasan Program Adopsi Pohon Oemakonglen di

Kabupaten Musi Banyuasin di Kantor Mess Perwakilan Muba. 

Neneng mencatat, saat ini sudah ada 346 OemakOnglen yang teridentifikasi dan 20 diantaranya sudah diadopsi. "Keberadaan OemakOnglen di Muba ini berada di Jirak Jaya dan Sungai Keruh dengan konsep ini kelestariannya dapat terjaga," ulasnya. 

Lanjutnya, nilai donasi untuk adopsi yakni Rp200-600 ribu. "Donasi pohon asuh dialokasikan 70 persen untuk operasional OemakOnglen dan 30 persen untuk operasional pengelolaan wisata hutan," bebernya. 

Plt Bupati Beni Hernedi SIP menyebutkan, konsep marketplace ini diyakini menjadi solusi pembiayaan untuk terus memaksimalkan pelestarian hutan dan mewujudkan pembangunan hijau berkelanjutan. 

"Sebagaimana kita ketahui keberadaan pohon Unglen

ini kan sudah mulai langka, oleh sebab itu kita harus melakukan terobosan dan marketplace

 Jejak.In bisa menjadi solusi," ucap Beni yang juga Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi program di Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). 

Beni mengatakan, dirinya akan mengajak semua pihak turut andil melestarikan hutan dengan konsep berkelanjutan. "Semoga marketplace Jejak.In dapat lebih masif melestarikan keberadaan OemakOnglen khususnya di wilayah Muba," tandasnya. 

selanjutnya, Kadiv advokasi dan mitigasi LEGMAS PELHUT MUBA, Muhammad Fathoni.SHI menyampaikan rasa bahagia dan berterima kasih atas support Pemda Muba, LTKL, Jejak.In dan para pihak yang terus mendukung Program Oemak Oenglen sebagai upaya konservasi nyata terhadap kelestarian hutan yg berkelanjutan.

program adopsi pohon Ulin (Oemak Oenglen) ini diinisiasi oleh UPTD KPH Benakat Semangus berkolaborasi bersama PT. MHP dan LEGMAS PELHUT MUBA sebagai NGO Pendamping Masyarakat dengan Semangat konservasi berbasis masyarakat.

Melalui upaya digitalisasi  program ini lebih mudah efektif dan efisien dalam pelaksanaannya sebagai upaya konservasi hutan dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya desa keramat jaya kab.Musi Banyuasin, tutup Fathoni

Dalam kesempatan Rapat Pembahasan Program Adopsi Pohon Oemakonglen di

Kabupaten Musi Banyuasin tersebut juga turut dihadiri Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto MH, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro SH MHum.(Warto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar