TMMD Terbesar di Indonesia Dituntaskan Kabupaten Muba


SEKAYU,Bj.Com - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021, telah usai dilaksanakan oleh Kodim 0401/Muba di wilayah Kecamatan Lalan. Keberhasilan ini merupakan bukti adanya sinergitas yang baik antar semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat.

Selama 1 bulan dengan anggaran hampir 15 Milyar, seluruh program TMMD baik fisik maupun nonfisik dapat terlaksana dengan sempurna. Hari ini,Rabu (14/7/2021) dilakukan penutupan secara resmi bertempat di Auditorium

Pemkab Muba.

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba menyampaikan, TMMD

yang

dilaksanakan

secara

terpadu

dan

berkesinambungan, merupakan upaya untuk membantu

meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah yang

pada akhirnya dapat meningkatkan roda perekonomian

daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Atas keberhasilan dari kegiatan ini kami selaku Pemerintah Kabupaten Muba memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah turut membantu dan berpartisipasi. Sehingga kegiatan TMMD ini dapat terselesaikan dengan baik, walaupun dilaksanakan di tengah Pandemi COVID-19. Karena ini sebagai wujud ataupun bentuk dari solidaritas dan kerjasama yang baik antar kita semua,"ujarnya. 

Program TMMD yang telah dikerjakan oleh tangan-tangan

terampil TNI yang bekerjasama dengan instansi terkait di Muba, menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, sekaligus dalam upaya mensinergiskan pembangunan fisik dan non fisik agar setara dengan daerah-daerah lain yang maju.

"Semoga hasil yang telah dicapai dalam kegiatan TMMD dapat terus di jaga dan dipelihara dengan baik, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta dapat mendukung

aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat,"ungkapnya.

Kasiter Korem 044/Gapo Letkol Inf Arif Susanto SIP mengatakan, Pemkab bersama TNI, selalu berupaya untuk mementingkan kepentingan bangsa negara dan alam semesta. Melalui program TMMD ini banyak hal yang dapat diambil salah satunya ialah merekatkan hubungan TNI bersama masyarakat. 

“Meski TMMD berlangsung di tengah  pandemi COVID 19, ternyata  tidak mengurangi semangat gotong royong yang mengokohkan manunggalnya TNI bersama rakyat. Kepada warga masyarakat yang ada di Kecamatan Lalan Kabupaten Muba, kami ucapkan selamat karena sudah memiliki tambahan fasilitas dari adanya program TMMD. Semoga dapat menambah kesejahteraan bagi masyarakat setempat,”ucapnya.

Dandim 0401 MUBA Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT melaporkan, dalam kegiatan TMMD yang berjalan selama 1 bulan dari tanggal 15 Juni 2021 hingga 14 Juli 2021 dengan anggaran anggaran sebesar Rp. 14.954.000.000. Telah melibatkan sebanyak 150 personil. 

Adapun hasil yang telah dicapai pada sasaran fisik meliputi, penyiapan badan jalan timbun pilihan untuk badan jalan. Pengerasan dengan agregat b.geotextile atau pemisahan tanah asli dengan tanah pilihan. Timbun tanah setempat untuk badan jalan. 

Land clearing atau buka badan jalan baru dan pembuatan box culvert. Pembangunan jembatan komposit. 

Sementara, untuk sasaran non fisik yang meliputi, bakti sosial pelayanan kesehatan dan kb. Penyuluhan pencegahan penularan virus COVID-19 dan sosialisasi vaksinasi COVID-19. Penyuluhan tentang posyandu, bahaya stunting dan pos bindu ptm. Penyuluhan bahaya narkoba. Penyuluhan hukum, keamanan dan ketertiban masyarakat. Penyuluhan pakan ternak alternatif. 

Penyuluhan perkebunan dan lingkungan hidup khususnya tentang pencegahan kebajaran hutan kebun dan lahan. Penyuluhan new normal bidang pendidikan metode daring. penyuluhan wawasan kebangsaan 

dan bela negara. penyuluhan tentang bahaya faham radikalisme. Penyuluhan tentang ekonomi kreatif untuk atasi pandemi COVID-19. Penyuluhan metode pertanian modern dan pelaksanaan panen raya padi, serta turnamen olah raga dan pemberdayaan pemuda. 

"Alhamdulillah, Keseluruhan sasaran fisik telah dapat terselesaikan hingga 100% dan tepat waktu. begitu juga dengan sasaran non fisik yang merupakan hasil kerja sama dengan dinas atau instansi terkait di jajaran Pemkab Muba,"ulasnya.

Lanjutnya, tidak bisa dipungkiri memang dari berbagai kegiatan ada beberapa hambatan didalamnya, termasuk juga dalam kegiatan TMMD ini. Berbagai hambatan telah dilewati serta dituntaskan secara bersama dalam mewujudkan keberhasilan program TMMD, hingga mendatangkan sarana bongkar muat dari bahan baku Agregat B yang didatangkan langsung dari Cilegon Jawa Barat dengan menggunakan ponton. 

"Keberhasilan yang telah dicapai ini merupakan upaya dari semuanya bukan hanya bagi TNI. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan support nya serta kepada masyarakat selamat menikmati fasilitas ini, terus dijaga dan pertahankan,"pungkasnya. 

Turut hadir dalam

acara penutupan TMMD, Wakapolres Muba Irwan Andeta SIk, Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare, SH MHum, Ketua Pengadilan Agama Waluyo SAg MAg, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Anisa Noviyati SH, berserta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muba yang terkait.(Warto)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar