Disdikbud Muara Enim Gelar Sosialisasi SosAk Guna Percepatan Akreditasi PAUD dan PNF


Muara Enim, BJ.COM - Dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Sosialisasi Akreditasi (SosAk) guna untuk percepatan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD & PNF) di Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 di Gedung Serbaguna SPNFS SKB, Jl Bemban, Kota Muara Enim, Selasa (08/06).

Hadir secara langsung dalam Sosialisasi ini, Bunda Paud Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi A Nasrun Umar, Kepala Badan Akreditasi Nasional PAUD & PNF Sumatera Selatan Hj Dewi Asteria dan 80 orang Kepala Satuan PAUD se-Kabupaten Muara Enim sebagai peserta.

Dalam pengarahan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Akreditasi ini, Hj Dewi Asteria mengutarakan harapannya kepada peserta agar dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman tentang pelaksanaan akreditasi bagi satuan penyelenggara PAUD dan PNF yang nantinya bermuara pada peningkatan kualitas sekolah, apa apa yang masih kurang dari 8 standar nanti akan terdeteksi secara dini pada saat asesor melakukan visitasi. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada sekolah harus jujur dengan kondisi yang sebenarnya.

“Dari sinilah diharapkan sekolah akan berbenah, mana yang kurang, mana yang harus diperbaiki, manapula yang sudah sesuai dengan standar pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Muara Enim H Renny Devi A Nasrun Umar berharap setelah kegiatan ini bagi semua pihak pada satuan pendidikan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja satuan PAUD dan perencanaan jangka pendek dan jangka pajang sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang akan datang.

Kemudian, dalam keterangannya saat diwawancara, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Sri Hidayati yang juga mewakili Kadisdikbud Muara Enim mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana satuan PAUD telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau standar nasional pendidikan sebagai standar minimal kualitas disamping referensi bagi semua pihak pada satuan PAUD untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja satuan pendidikan.

“Sehingga melalui kegiatan ini, dapat tersosialisasikannya Aplikasi Sispena untuk satuan PAUD dan PNF yang menjadi sasaran pelaksanaan akreditasi dan penjaminan mutu lainnya dalam praktik pengisian penilaian persyaratan akreditasi (PPA),” pungkasnya.(ijas)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar