Tandang ke Lalan, Wabup Beni Hernedi Beri Bantuan Korban Kebakaran


LALAN, BJ.COM - Rasa sedih masih tampak dialami empat keluarga warga Desa Karang Makmur Kecamatan Lalan yang menjadi korban dari kobaran jago merah pada 14 Mei lalu. 

Betapa tidak, empat KK yakni diantaranya Sulaiman, Umar, Armada, dan Srianta harus kehilangan tempat tinggal. 

Namun, Kamis (20/5/2021) kesedihan tersebut tampak mulai pudar ketika Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang dalam kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati Beni Hernedi SIP bertandang ke tempat empat warga yang menjadi korban kebakaran. 

"Mereka harus kehilangan tempat tinggal saat perayaan Idul Fitri, tentu kondisi ini sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, hari ini kita Pemkab Muba bawa sedikit bantuan untuk mengurangi beban mereka," ucap Beni Hernedi yang juga Ketua PMI Muba. 

"Kami terkejut dan prihatin setelah mendapat laporan musibah ini, kemudian saya sampaikan ke Pak Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex, beliau meminta kita untuk hadir dan melihat situasi secara langsung. Mohon bersabar, mungkin bantuan yang disampaikan ini nilainya tidak seberapa tapi ini adalah bentuk kepedulian dan kebersamaan kita," tambahnya. 

Lanjutnya, melalui peninjauan ini Pemkab Muba perlu menerima masukan untuk menjadi kebijakan terkait terobosan-terobosan penanggulangan bencana kebakaran khususnya di Kecamatan Lalan.

"Karena disini sering terjadi kasus serupa (kebakaran) untuk itu diperlukan sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang bisa bekerja cepat dengan mempertimbangkan kondisi medan atau lapangan," kata Wabup Muba.

Sementara itu, Kadinsos Muba Drs H Ahmad Nasuhi SH MM menyebutkan, adapun bantuan Pemerintah Kabupaten Muba mencakupi dari Dinas Sosial Muba berupa sembako dan uang, box perlengkapan makan dan masak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muba, dan dari Badan Amil Zakat Nasional Muba uang masing-masing Rp 1 juta dan batuan bupati 5 juta serta uang rehab bangunan untuk Sulaiman Rp 10 juta.

"Selain itu ada bantuan dari Desa Karang Makmur dan Kelurahan Karang Makmur hasil penggalangan dana dan bantuan kelurahan, terkumpul sebanyak Rp 30 juta juga sembako," bebernya.

Dalam kesempatan ini Wabup Muba didampingi Kepala Dinas Sosial Muba H Ahmad Nasuhi, perwakilan BPBD Muba, dan turut dihadiri Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan Susanto dari Fraksi PDIP, dan Anggota DPRD Muba Andi Setiawan.

Sementara itu Camat Lalan Andi Suharto SSTP MSi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba yang telah menyampaikan bantuan untuk warganya yang mengalami musibah kebakaran.

"Terima kasih juga kepada perangkat desa yang telah mengumpulkan dana sebagai bentuk solidaritas," ucapnya.

Dikatakannya bahwa Kecamatan Lalan hampir setiap tahun terjadi kebakaran, oleh karena itu ia sangat mengharapkan adanya solusi terkait dengan penanggulangan bencana tersebut.(Warto)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar