PJ Bupati Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2020 kepada DPRD Muara Enim


Muara Enim, BJ.COM - PJ Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Senin siang (31/05) menyampaikan penjelasan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Muara Enim Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna II DPRD Kabupaten Muara Enim.

Selain pengelolaan keuangan daerah dari sisi pendapatan dan belanja, dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc., serta dihadiri oleh 32 Anggota Dewan dan para Kepala Perangkat Daerah.

PJ Bupati menyampaikan pula capaian 9 indikator kinerja utama (IKU) yang diselenggaraan Pemkab Muara Enim tahun anggara 2020, yaitu indeks pembangunan manusia, indeks kota toleran, penurunan angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, angka harapan lama sekolah, angka harapan hidup, indeks pelayanan infrastruktur dasa, indeks kualitas lingkungan hidup dan indeks reformasi birokrasi.

Secara garis besar PJ Bupati menjelaskan bahwa pencapaian realisasi kinerja keuangan APBD tahun 2020 sebesar 90,47% dengan rata-rata capaian kinerja output sebesar 97,56% sedangkan mencapai IKU sebesar 80 %.

Dirinya menyampaikan bahwa LKPJ ini merupakan penjabaran dari hasil kerja Bupati Muara Enim beserta jajarannya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat sekaligus sebagai sumber informasi mengenai kegiatan pembangunan dalam arti luas selama tahun anggaran 2020.

"Selain itu juga LKPJ ini menjadi dasar untuk mengambil kebijaksanaan dan langkah strategis kedepan dalam upaya pembangunan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat", kata PJ Bupati.

PJ Bupati juga menyampaikan bahwa 28 rekomendasi DPRD Kabupaten Muara Enim terhadap LKPJ tahun 2019 lalu telah ditindaklanjuti oleh perangkat daerah pada tahun anggaran 2020, antara lain penyelesaian beberapa batas antar-kabupaten/kota, pemasangan pilar batas antar-desa, penertiban kawasan sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah, peningkatan penerimaan pendatan daerah yang bersumber dari pajak daerah dan pengaplikasian Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) pada pemungutan retribusi daerah.

Lebih lanjut Pj. Bupati menerangkan bahwa keberhasilan maupun kelemahan pencapaian kinerja di tahun 2020 lalu akan menjadi bahan introspeksi bersama dalam meningkatkan kinerja dimasa mendatang demi mencapai Kabupaten Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.(ijas)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar