Jalan Amblas, Akses Jalan Baturaja-Muara Dua Lumpuh Total


Baturaja, BJ.COM - Akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) beberapa hari terakhir berdampak pada kestabilan tanah di sejumlah ruas jalan di OKU.

Setelah sebelumnya, Jalan penghubung Kabupaten OKU dan Kabupaten Ogan Ilir di Desa Belatung Kecamatan Lubuk Batang mengalami longsor pada Sabtu (22/5/21) dini hari, kali ini longsor terjadi di ruas jalan penghubung Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Selatan tepatnya di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa (25/5/21).

Berdasarkan data yang dihimpun media ini longsor terjadi pada Selasa (25/5/21) pagi, pukul 08.00 WIB, tanah di ruas jalan perbatasan Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Kecamatan Lengkiti yang menghubungkan Kabupaten OKU dan OKUS tersebut, hingga saat ini masih terus mengalami pergerakan.

Menurut keterangan warga sekitar ketika dimintai keterangan oleh awak media, Muslimin mengatakan bahwa tanah disekitar lokasi tersebut sampai saat ini masih terus bergerak.

Pantauan media ini, badan jalan amblas hingga nyaris 1 meter, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor khususnya roda empat. Kendaraan dari Kabupaten OKU Selatan dan Kecamatan Lengkiti yang akan ke Baturaja terpaksa memutar arah melalui Kota Martapura OKU Timur.

Terpisah Kepala Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) OKU Taufik Rahman, ketika dimintai keterangan terkait kerusakan dan langkah penanganan yang akan dilakukan?.

"Jalan yang amblas dan longsor serta jalan mengalami keretakan, diperkiraan panjang jalan tersebut berkisar sepanjang 250 meter, terputus total dan tidak dapat lagi dilalui oleh kendaraan roda 4, walaupun kendaraan roda 2 masih dapat melintas jalan ini, namun dari pihak pihak yang terkait yang berada dilokasi, demi keamanan para penguna jalan yang akan melintas maka sementara jalan ditutup,” ujar Taufik Rahman.

"Ada 3 titik jalan yang mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga agar jalan propinsi ini bisa terhubung kembali, untuk sementara akan dibuat jalan alternatif, namun bila masyarakat atau penguna jalan yang ingin menuju ke kabupaten OKU ataupun ke kabupaten OKUS demi keamanan disarankan untuk melalui Kota Martapura kabupaten OKUT".

Untuk penanganan selanjutnya akan segera disampaikan ke Kalaksa BPBD OKU untuk ditindak lanjuti, Taufik Rahman juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian baik dari Polsek Sosoh Buay Rayap maupun Polsek Lengkiti untuk mengatur lalu lintas, Terang Taufik Rahman.(Lasin)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar