Jelang Ramadhan Diskoperindag Banyuasin Sidak Pasar Pangkalan Balai


Banyuasin, BJ.COM - Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Dinas Koperasi, Perdagangan (Diskoperindag) dan UKM Banyuasin melakukan sidak di Pasar Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Senin (12/04/2021).

Sidak ini bertujuan untuk memastikan stabilitas harga, ketersediaan pangan dan keamanan pangan disejumlah pasar Kabupaten Banyuasin. 

Kepala Diskoperindag dan UKM Banyuasin, Erwin Ibrahim mengatakan, dalam sidak ini pihaknya menemukan beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya seperti Mie basah yang memiliki mengandung formalin.

Kemudian pihaknya juga mengambil beberapa sampel makanan seperti cendol, cincau dan cendil yang diduga mengandung zat Pewarna berbahaya. 

"Kita telah melakukan pengujian dan menemukan mie yang mengandung formalin. kita juga mengambil beberapa bahan makanan seperti cendil dan cincau untuk dilakukan pengujian. Saat ini kita hanya melakukan peringatan, kedepan kita akan melakukan penyitaan dan tindakan tegas terhadap pedagang nakal", jelasnya. 

Selain itu, dalam sidak ini juga ditemukan adanya kenaikan harga daging sapi yaitu sebesar Rp 140 ribu. Kenaikan ini disebabkan ketersediaan daging yang mulai mengalami kelangkaan. 

"Dalam kenaikan harga ini lihat ketersediaan stok dan setelah Kita tanya pedagang mereka mengakui karena ada kelanggkaan. Kita akan berkoordinasi dengan bulog dan pihak pemotongan daging untuk suplay kekurangan yang ada," ujar Erwin. 

Asisten II Sekertariat Daerah Kabupaten Banyuasin Muhammad Yusuf yang ikut melakukan sidak mengatakan bahwa untuk saat ini ketersediaan pangan di Kabupaten cukup dan harga sembako belum ada ditemukan ada lonjakan yang signifikan. 

"Pagi hari ini mengadakan ketersediaan pangan dan harga. Kami temukan persediaan cukup dan harga belum lonjakan. Ada beberapa kenaikan seperti harga telor sebesar Rp 200-500 perkilogram, cabe nurun, kita pantau terus, agar ketersediaan cukup,"jelasnya. 

Sementara salah satu pedagang Tuti mengatakan bahwa harga cabe saat ini mengalami penurunan. Harga cabe merah keriting seharga Rp 50 ribu perkilogram, cabe rawit hijau Rp 45 ribu perkilogram dan cabe rawit setan Rp 80 ribu perkilogram. 

"Harga cabe sekarang menurun begitu juga dengan harga bawang antara Rp 25 ribu - Rp 30 ribu, sedangkan mie tadi saya beli dari pasar Jakabaring,"katanya. (Ril SMSI Banyuasin)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar