Recent Posts

Labels

Bersama Sultan Mahmud Badaruddin II, PLH Bupati Resmikan Pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul

03/04/21


Muara Enim, BJ.COM - Setelah selesai dipugar dengan kondisi yang lebih baik, akhirnya Sabtu siang (03/04) makam Puyang Lawang Kidul atau Syekh Muhammad Ilyas bin Abdullah Suryadiningrat yang terletak di Bedeng Obak, Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul diresmikan pemugarannya oleh PLH Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.

Nasrun Umar bersama Sultan Palembang Darussalam, Duli Yang Maha Mulia (DYMM) Baginda Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin II, meresmikan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh kedua pemimpin yang disaksikan oleh para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Marga Lawang Kidul.

Dalam sambutannya, Plh. Bupati atas nama Pemkab. Muara Enim menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Marga Lawang Kidul atas telah selesainya pemugaran makam puyang yang telah kita mulai bersama peletakan batu pertama pada 28 Juni 2020 lalu.

Menurutnya pemugaran yang dibantu oleh PT. Bukit Asam dan Baznas Kabupaten Muara Enim ini tak hanya dimaksudkan sebagai usaha pelestarian nilai-nilai budaya dan sejarah semata, melainkan juga sebagai bentuk penghargaan dan usaha memuliakan leluhur sekaligus ulama agar keberadaannya tetap dijaga, khususnya bagi generasi penerus sehingga mereka-pun tetap mengetahui jati diri maupun asal usul Lawang Kidul ini. Ditambahkannya, keberadaan makam ini-pun dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata, khususnya wisata religi dan sejarah dalam konsep Kota Wisata Tambang di Tanjung Enim.

Sementara itu Sultan Palembang Darussalam menyampaikan bahwa Kabupaten Muara Enim, sebagai bagian dari wilayah adat Kesultanan Palembang Darussalam menyimpan banyak sekali makam para aulia atau ulama yang berjasa menyebarkan ajaran Islam pada masanya.

Menurut Sultan, hal tersebut mengindikasikan Bumi Serasan Sekundang ini memainkan peranan penting dalam peradaban Islam pada masa lalu.

Lebih lanjut Sultan-pun mengapresiasi kinerja Plh. Bupati Dr. H. Nasrun Umar dalam membangun daerah yang dinilainya dengan tetap merangkul dan memuliakan alim ulama maupun tokoh masyarakat. Sultan-pun yakin bahwa Plh. Bupati akan mampu menjadi umaroh atau pemimpin umat di Negeri Palembang Darussalam tercinta.(ijas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar