Antisipasi Karhutla, Plh Bupati Muara Enim Siagakan Satgas dan Aktifkan Posko di Kecamatan


Muara Enim, BJ.COM - Mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Muara Enim, Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., memimpin apel gabungan gelar pasukan kesiapsiagaan di halaman Kantor Bupati, Senin pagi (12/04/2021).

Dalam arahannya, Plh Bupati selaku inspektur apel menyampaikan, bahwa penanganan dan penanggulangan bencana Karhutla memerlukan kerja sama dan dukungan semua pihak, tidak hanya pemerintah daerah melainkan juga TNI/Polri, dunia usaha dan masyarakat.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan apel ini saya mengharapkan seluruh tim satuan tugas mengevaluasi dan menginventarisir kekuatan personil dan peralatan yang akan digunakan untuk menghadapi bencana Karhutla yang kerap terjadi di musim kemarau, ujarnya.

Plh. Bupati menjelaskan, bahwa terdapat 8 Kecamatan yang memiliki potensi terjadinya Karhutla di Kabupaten Muara Enim, yaitu Kecamatan Gelumbang, Muara Belida, Sungai Rotan, Lembak, Belida Darat, Lubai, Kelekar dan Gunung Megang yang hampir semuanya berada di dataran rendah dan dipenuhi lahan gambut, cetusnya.

Oleh karena itu, melalui apel ini, perlu mempersiapkan diri meningkatkan kewaspadaan dan mengerahkan seluruh sumberdaya yang ada, baik personil maupun peralatan yang diperlukan, dari di tingkat kecamatan dan desa termasuk camat, lurah, kepala desa, Kapolsek, Danramil, Babinsa, Babin Kamtibmas dan relawan agar saling membantu dalam penanganan bencana Karhutla yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Dalam apel yang dihadiri oleh Kapolres Muara Enim, AKBP. Danny HAB. Sianipar, S.I.K., ini Plh. Bupati menginstruksikan untuk segera menyinkronkan Satgas di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan dan mengaktifkan posko-posko kebakaran yang ada di perusahaan maupun masyarakat dan kelompok tani.

Dirinya juga meminta agar pihak kepolisian menindak tegas dan memberikan sanksi kepada pelaku yang membuka lahan dengan cara membakar atau pembakaran pascapanen. Lebih lanjut dirinya mengingatkan dan menekankan kepada seluruh personil untuk senantiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan penanggulangan Karhutla.(ijas)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar