Terima Dividen Rp. 8,3 Milyar, Plh. Bupati Apresiasi Kinerja Bank Sumsel Babel


Muara Enim, Bj.Com - Sebagai salah satu pemegang saham, Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Nasrun Umar atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Senin (22/03) menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) tahun buku 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta. Dalam RUPS ini ditetapkan jumlah dividen (pembagian laba perusahaan) sebesar 50% dengan total nominal Rp. 211,8 milyar dari total realisasi laba sebesar Rp. 551,6 milyar sehingga dividen yang diterima Kabupaten Muara Enim tahun ini ditetapkan sebesar Rp. 8.3 milyar yang nantinya disetorkan ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2021.

Dijelaskan oleh Plh. Bupati bahwa penerimaan dividen Kabupaten Muara Enim tahun ini mengalami  peningkatan sebesar 10,6% atau menjadi Rp. 8,3 milyar dibandingkan tahun buku 2019 yang berjumlah Rp. 7,5 milyar. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh peningkatan realisasi laba Bank Sumsel Babel sebesar 12,78% atau Rp. 63 milyar dibanding tahun sebelumnya. Plh. Bupati-pun mengapresiasi performa kinerja Bank Sumsel Babel di tahun 2020 yang dinilainya sangat baik dengan membukukan laba melampaui target, yaitu 107,25%. Lebih lanjut, Plh. Bupati menjelaskan bahwa kepemilikan saham Kabupaten Muara Enim termasuk dijajaran atas, yaitu sebesar Rp. 54,5 milyar yang terdiri dari 41 lembar saham dengan nominal 41,2 milyar ditambah dengan agio sebesar Rp. 13,3 milyar. Hal ini menjadikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dengan setoran saham terbesar kelima dari 27 pemegang saham lainnya. Plh. Bupati juga memastikan Pemkab. Muara Enim kedepan akan menambah kepemilikan saham paling tidak sebesar Rp. 25 milyar secara bertahap hingga tahun anggaran 2022 mendatang, apalagi dijelaskannya bahwa pada awal 2020 lalu hal tersebut telah diajukan dan dibahas pada Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim, namun karena adanya refocusing anggaran, maka mengalami penundaan.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, sebagai pemegang saham pengendali didampingi Komisaris Utama PT. Bank Sumsel Babel, Eddy Junaidi AR., menyampaikan bahwa dalam RUPS ini disepakati bahwa Bank Sumsel Babel akan melakukan penyertaan modal dengan PT. Bank Lampung dan juga ada penambahan 1 jabatan Komisaris Non-Independen yang secara khusus akan diisi oleh perwakilan dari provinsi maupun kabupaten/kota Bangka Belitung.

Terkait penyertaan modal ke PT. Bank Lampung, Plh. Bupati menyampaikan dukungannya atas pengembangan sayap bisnis PT. Bank Sumsel Babel. 

Oleh itu menurutnya Pemkab. Muara Enim siap jika nantinya Pemprov. Sumsel mengajak seluruh pemegang saham untuk secara bersama menyiapkan modal bagi pengembangan bisnis perusahaan. Plh. Bupati-pun berharap sinergitas hubungan kemitraan Bank Sumsel Babel dengan Pemkab. Muara Enim dapat lebih dimaksimalkan demi meningkatkan sumbangsih bagi pembangunan Kabupaten Muara Enim.(Hijaz)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar