Diduga Terjadi Praktek Pungli di Lapangan Korpri Baturaja


Baturaja, BJ.COM - Lapangan Korpri Baturaja kembali hangat diperbincangkan publik, Lapangan yang sebelumnya diperuntukan sebagai tempat upacara, saat ini sudah beralih fungsi menjadi terminal tipe C dan pasar yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten OKU.

Masyarakat bertanya-tanya terkait penggunaan dan pengelolaan lapangan korpri tersebut diperuntukan untuk apa. Selain mempertanyakan status administrasi dari lapangan tersebut, yang menarik juga ditemukannya dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum pihak Dishub OKU.

Dugaan tersebut muncul setelah awak media melakukan investigasi, bahwa ada penarikan retribusi berupa Jasa Keamanan, listrik, kebersihan dan parkir oleh oknum pihak Dishub yang tidak memiliki dasar hukum.

Ketika dikonfrimasi terkait retribusi dan apakah hasil dari retribusi tersebut masuk PAD atau tidak, pihak dinas perhubungan memberikan penjelasan melalui Kabid angkutan, Imam Samudra selaku pengelola di kawasan lapangan korpri mengatakan.

"Terkait retribusi, pihaknya memang melakukan penarikan retribusi dalam bentuk jasa keamanan, listrik, jasa kebersihan dan parkir. Retribusi yang kami lakukan itu berbentuk jasa", ucap Imam.

Dilanjutkan lagi olehnya, terkait hasil retribusi yang dilaksanakan, Imam mengatakan hasil tersebut tidak masuk PAD. Melainkan diperuntukan untuk oprasional karyawan dan perawatan wilayah lapangan karena kami tidak mendapatkan anggaran dari Pemerintah Daerah mengelola tempat tersebut.

Saat ditanya mengenai dasar aturan atau hukum yang mengatur penarikan retribusi tersebut, Imam mengatakan bahwa memang aturan dasar penarikan retribusi tersebut tidak ada, kecuali retribusi parkir yang di atur dalam Perbup No. 36 Tahun 2019 yang merupakan perubahan atas Perda No. 16 Tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.

Ketika disinggung terkait penarikan retribusi yang tidak memiliki dasar hukum dan dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pungli yang melanggar pasal 368 dan pasal 423 KUHP, Imam mengatakan bahwa hal tersebut tergantung dari sudut pandang masing-masing, tegasnya".(Lasin)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar