Tim penggerak PKK Desa Linggosari Membuat taman Pesona Toga


Sungai Lilin MUBA, BJ.COM - Tim Penggerak PKK Desa Linggosari, Kecamatan  Sungai Lilin, kabupaten Musi Banyuasin  yang tepatnya di dusun 01 RT .01 membuat taman Toga dan menanam toga,Selasa 22/12/2020

Dari pantauan , setiap petang, tampak pria dan wanita menggarap bidang-bidang lahan. Ada yang menyelesaikan pagar , sebagian lagi menanam tanaman obat keluarga (Toga)


Kesibukan tiap sore tampak di lahan  yang berlokasi di sebelah area  Musholla  dusun 01 Rt .01. Sebuah  saung  berdiri, dilahan yang  sudah tertata, bahkan ada tempat duduk untuk santai  juga gapura yang di hias untuk mempercantik lokasi  tanaman toga.

Selain sibuk menanam, tim Penggerak PKK juga sibuk “berburu” tanaman obat. Mereka mengumpulkan tanaman sekitar yang semula tidak diperhatikan untuk dibudidayakan.


Taman pesona toga  ini dimotori oleh Kepala Desa Linggosari melalui Kepala dusun 01 , Warjo yang juga turut andil dalam pembuatan tempat lokasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) 

"Ini sudah  kita kerjakan  selama 20 hari bersama ibu - ibu PKK dengan menggunakan dana swadaya pak" namun belum selesai  bahkan sudah menghabiskan dana cukup banyak hingga Rp 8 jutaan pak ," kata kepala dusun Warjo pada bulletinjournalist.com, Sabtu (19/12/2020)

Untuk itu  Warjo juga mengatakan, dengan tanaman obat keluarga (Toga) ini diharapkan dapat  sebagai obat  atau jamu tradisional yang selama ini hampir punah.

Kemudian senada Hasriani (45) salah satu penggerak PKK Desa Linggosari  mengatakan, pesona toga ini kita buat atas program pemerintah dan berbagai jenis tanaman yang  bisa digunakan untuk pengobatan ditanam di taman toga ini  pak.


"Coba kita lihat ,seperti samiloto, meniran, kunyit, temu lawak , jahe, ada pula tanaman kumis kuncing, tempuyung, kejibeling serta bunga Rosella juga masih banyak nama -  nama  jenis tanaman yang  kita tanam di taman toga ini," pungkasnya.

Semua jenis tambah Hasriani, tanaman ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit." Semoga dengan adanya taman toga mampu sebagai obat herbal tangkal covid-19 ," tutupnya.(Warto/mitra desa)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar