Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU Dorong Desa Majukan BUMdes


Baturaja-BJ.COM - Menanggapi disahkannya Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam acara pembukaan karya kreatif indonesia seri 3 Jumat 20-11-2020.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU Drs. Ahmad Firdaus, M.Si bersama Kasi Usaha Ekonomi Desa ibu Emi ketika di konfirmasi di ruang kerjanya Rabu 25-11-2020. Memberikan penjelasan terkait ditetapkannya BUMdes sebagai badan hukum.

Penetapan BUMdes sebagai badan hukum akan membuat fungsi dari lembaga itu menjadi lebih besar lagi. Dengan begitu desa akan lebih mudah mendirikan usaha yang memiliki dasar hukum.

Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten OKU terus memberikan bimbingan dan arahan kepada desa-desa yang tersebar di seluruh wilayah OKU untuk menjalankan BUMdes dengan efektif dan inovatif agar dapat mendorong kemajuan ekonomi dan pembangunan dari setiap desa.

Masih lanjut Ahmad Firdaus dan Ibu Emi bahwa masih ada beberapa desa yang masih belum memaksimalkan BUMdes dengan efektif. Atas hal tersebut Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk terus memaksimalkan BUMdes dengan baik dan efektif demi mendorong kemandirian dan peningkatan ekonomi di desa.

Sebagai informasi penetapan BUMdes sebagai badan hukum tertera dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja. UU ini mengubah pasal 1 poin 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang berbunyi BUMdes yang disebut BUM Desa adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa guna mengelola usaha, aset, mengembangkan investasi dan produktifitas, menyediakan jasa pelayanan dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. (mks)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar