BUMDes Mulyo Barokah Muba Mampu Raup Omzet Rp 15 Milyar Perbulan


MUBA, BJ.COM - Guna lebih membangkitkan geliat usaha ditingkat desa, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA resmikan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Barokah dan Masjid Alfalah di Mulyo Asih Kecamatan Keluang, Selasa (17/11/2020).

BUMDes Mulyo Barokah ini jenis usaha yang dikelola sesuai dengan potensi yang ada yaitu supplier tanda buah sawit (TBS) khususnya kebun kelapa sawit milik masyarakat Mulyo Asih maupun masyarakat lainnya di dalam wilayah Kecamatan Keluang.

Menurut laporan Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi,  BUMDes Mulyo Asih ini juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang di wilayah kabupaten Muba.

Diceritakannya, modal awal dari BUMDes ini tahun 2016 berasal dari ADDK sebesar Rp. 5000.000 DD tahun 2017 sebesar Rp 3.681.000, DD tahun 2018 Rp 125.130.000, dan DD tahun 2019 Rp 200.000.000.

"Pertama, kami mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA beserta jajarannya yang hadir langsung di kecamatan yang kami cintai ini. Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan pak Bupati, saat ini perputaran uang yang dikelola BUMDes Mulyo Barokah ini berkisar 15 milyar/bulannya. Tentunya dengan keberadaan BUMdes Mulyo Barokah ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh masyarakat desa Mulyo Asih terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,"terangnya.

Debby juga mengatakan bahwa kesuksesan yang didapatkan oleh BUMDes Mulyo Barokah tersebut tidak lepas dari peran pemerintah terutama Pemerintah desa dimana kepala desa beserta lembaga desa lainnya dan tokoh masyarakat. 

Ditegaskannya, Perekrutan pengurus BUMDes Mulyo Barokah Pemerintah desa Mulyo Asih mengedepankan untuk merekrut dari kalangan pemuda-pemudi lokal Desa Mulyo Asih. Dan rata-rata pengurus BUMDes Mulyo Barokah ini berusia 29 tahun, dimana direktur BUMdes nya berumur 26 tahun yaitu  Sally Siswanto SE. "Ini tentunya patut menjadi kebanggaan masyarakat desa Mulyo Asih dan umumnya kita semua, karena masa depan bangsa ditentukan oleh para generasi muda,"katanya.

Sementara, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dalam sambutannya mengapresiasi Inisiasi dari masyarakat terutama para pemuda desa Mulyo Asih. 

Dirinya berharap, BUMDes Mulyo Barokah Desa Mulyo Asih di Kecamatan Keluang dapat menjadi salah satu contoh BUMDes terbaik di Indonesia. 

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya peresmian gedung BUMdes ini. Kedepan harapan kita BUMDes Mulyo Barokah ini tidak hanya sebagai supplier TBS, tapi jadi salah satu BUMDes Pemilik pabrik kelapa sawit sendiri. Pertama di Indonesia BUMDes punya pabrik kelapa sawit."ungkapnya Dodi Reza.

Dalam kesempatan ini, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan sangat mendukung pembangunan Masjid Al- Fallah dari swadaya masyarakat, untuk tahun depan Pemkab Muba akan membangun pagar untuk Masjid Al-falah. Ia juga berharap kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan masjid demi kelancaran jalannya pelayanan keagamaan di masjid.

Terakhir, Bupati Dodi Reza Alex Noerdin juga mengapresiasi komitmen yang telah dideklarasikan oleh masyarakat kecamatan Keluang yang menyatakan stop buang air besar sembarangan dalam mendukung Kabupaten Muba. Sebagaimana diketahui bahwa Kecamatan Keluang nol persen menggunakan bong di sungai. Terus pertahankan dan tingkatkan Harapannya, terwujud sanitasi total pemberdayaan masyarakat di kecamatan Keluang.

Turut hadir pada acara tersebut Yang Hadir Kapolres Muba AKBP Erlin TangJaya SIK, Dandim 0401 Letkol ARH Faris Kurniawan, Perwakilan Kajari Muba Abunawas, Sekda Muba Drs H Apriyadi Beserta Kepala Perangkat Daerah Terkait, dan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Reza Zaini.(Warto/rill)

Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar