Peran Kesbangpol di Tengah Pandemi Covid-19 Menjaga Stabilitas Politik di Pilkada OKU


Baturaja (OKU), BJ.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik terus bekerja menjaga stabilitas politik dalam pimilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU di tengah pandemi covid-19 patut diapresiasi.

Seperti yang disampaikan oleh Badan Kesbangpol Ogan Komering Ulu melalui Sekertaris Novian Ardi, SE dan Kabid Bidang Politik Asmawati, SE ketika ditemui di ruang kerjanya. Selasa 06/10/2020.

Menyampaikan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten OKU berperan  untuk membantu penyelengaraan Pilkada bekerjasama dengan KPU, Bawaslu dan pemerintah daerah untuk mengawal dan mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Ogan Komering Ulu.

Peran tersebut termaktun dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri No 61 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah. 

"Kesbangpol terus aktif dan memilki peran strategis dalam Pilkada demi menjaga stabilitas politik walaupun di tengah pandemi covid-19. Namun peran dari Kesbangpol hanya sebatas memantau dan memberikan masukan dalam pelaksanaan Pilkada terkait daerah atau wilayah yang memilki kemungkinan atau potensi kerawanan kepada KPU dan Bawaslu untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Apabila dalam pelaksanaan Pilkada terdapat pelanggaran Kesbangpol tidak bisa melakukan penindakan tetapi Kesbangpol bisa memberikan laporan dan saran kepada KPU dan Bawaslu. 

Lanjut Ardian dan Asmawati, untuk mengawal dan mensukseskan proses Pilkada. Kesbangpol terus melakukan upaya-upaya strategis demi menciptakan stabilitas politik di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan melakukan kunjungan dan menyebarkan spanduk atau baleho di setiap wilayah untuk menghimbau masyarakat agar menjaga stabilitas sekaligus mengajak untuk menggunakan hak pilihnya demi mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu. Ujarnya".(Msn)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar