Masa Pandemi Covid-19, KUA Lawang Kidul Tetap Layani Pengantin Melangsungkan Pernikahan

Muara Enim, BJ.COM - Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat masyakat Kecamatan Lawang Kidul, melaksanakan hari sakral melepas masa lajang nikah, pada Minggu ke-2 Juni 2020, yang telah mencapai 35 pasang pengantin melangsungkan Pernikahan di KUA Lawang Kidul.

Rasa cemas terpapar Covid-19, calon pengantin melaksanakan pernikahan dibawah pengawasan gugus tugas penanggulangan Covid-19.

Kantor Kemenag RI dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi calon pengantin tetap memperhatikan keselamatan petugas pencatat nikah dan masyarakat umum hal ini terbukti kemenag RI terus mengupdate regulasi aturan-aturan di mulai dari SE P.002/DJ.III/HK.00.7/03/2020-
P.003/DJ.III/HK.00.7/04/2020-
P.004/DJ.III/HK.00.7/04/2020-
dan terakhir P.005/DJ.III/HK.00.7/06/2020 tanggal 10 Juni 2020.

Tentang Pelayanan Nikah Menuju masyarakat produktif bebas covid. Hal ini di lakukan adanya koordinasi yang baik antara instansi Kemenag [KUA ujung tombak di Desa] terjalin  baik dengan pemerintah daerah. Selain itu adanya regulasi tersebut sebagai payung hukum bagi KUA dalam melakukan pengabdian dan pelayanan masyarakat, jangan sampai adanya Pencatatan nikah yg dilakukan KUA, menambah pasien covid-19. Sehingga KUA yang dipersalahkan.

Kepala KUA Lawang Kidul H. Midi, SHI mengatakan, dalam pelayanan Nikah di KUA Lawang Kidul kami tetap memperhatikan regulasi yang ditetapkan kemenag RI, mengupayakan agar di masa pandemi covid-19 seluruh pernikahan dilaksanakan di Balai Nikah. dan tetap berkoordinasi dengan Camat selaku pimpinan gugus tugas Covid-19 dan Polsek Lawang Kidul selaku penanggungjawab keamanan di Kecamatan.

Selanjutnya MIDI mengatakan, masyarakat akan patuh terhadap aturan yang diterapkan oleh KUA hanya saja dibutuhkan pendekatan yg persuasif agar aturan tersebut betul sampai ke hati masyarakat.

Dengan mengacu SE.P.004 ketentuan 7 dan sekarang SE. P.005/DJ.III/HK.00.7/6/2020 ketentuan no. 10,  pelaksanaan akad nikah dirumah dapat dilaksanakan di wilayah  KUA Kecamatan Lawang Kidul,  dengan ketentuan membuat surat permohonan dan pernyataan memenuhi standar kesehatan covid-19 yg diketahui oleh Kades/Lurah dan Camat. Lanjutnya.

Dalam kesempatan ini juga Midi berpesan kepada penghulu lainnya dalam wilayah KUA Lawang Kidul Jika masyarakat tidak memenuhi standar kesehatan covid-19 maka jangan ragu tolak atau tunda  pelaksanaan akad nikah tersebut.(bj)
Share on Google Plus

About Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar