Sepulang dari Bogor Warga Madukincing Dinyatakan Sehat, Junaidi Anuar: Tetap Isolasi Mandiri 14 Hari

Ketua Gugus Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten PALI Junaidi Anuar sekaligus Kepala BPBD Kabupaten PALI.
PALI, BJ.COM - Pemerintah telah menerbitkan protokol resmi penanganan kesehatan terkait coronavirus. Masyarakat diminta mengikuti langkah-langkah penanganan yang tercantum dalam protokol, sesuai instruksi Pemerintah Pusat dalam skala nasional.

Protokol kesehatan ini ditujukan terhadap warga yang sehat maupun tidak sehat, dalam perjalanan atau berpergian di daerah pandemi terjangkit virus covid-19. Warga yang baru tiba dari rantau juga diminta untuk melapor ke petugas pananganan Covid-19 Desa, Kecamatan dan Kabupaten atau menghubungi 119.

Seperti hal nya WA (19) warga Dusun 1 Desa Madu Kincing, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), telah melakukan perjalanan dari Kota Bogor menuju Desa nya.

Sesampainya di Desa Madukincing WA menjalani beberapa rangakaian tes kesehatan dan dinyatakan sehat oleh tim medis posko percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten PALI, Rabu (8/4/2020).

"Jika yang bersangkutan belum terdata di posko kita dirikan, maka tugas camat/kepala desa untuk menyampaikan kepada kami guna dilakukan pemeriksaan", ujar Ketua Gugus Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten PALI Junaidi Anuar.

Junaidi mengatakan, jika yang bersangkutan tidak mengalami gejala batuk, pilek, suhu tinggi, berkenaan covid-19 maka di katagorikan OTG, jika sebaliknya maka yang bersangkutan di katagorikan ODP.

Kami tetap sarankan, lanjut Junaidi, agar tetap mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari. Petugas diminta mengawasi secara intens petugas posko yang ada di desa di monitor oleh tim PSC setempat, terangnya.

Sedangkan Jubir Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pali dr. Zamir mengatakan, posko pemantauan didirikan untuk memantau arus keluar masuk orang dari luar ke Pali, tuturnya.

"Peran kita semua baik perangkat desa, ormas, LSM, masyrakat, bidan desa, dan lain sebagainya untuk melaporkan kepetugas terdekat agar bisa diperiksa kondisi kesehatan mereka yang melakukan perjalanan".

Tnpa peran serta semua pihak maka kerja tim satgas Covid-19 tidak akan maksimal, ungkap dr. Zamir.(bj)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar