Nikahkan Pengantin Kepala KUA Lawang Kidul Pesankan Ini di Tengah Penyebaran Covid-19

MUARA ENIM, BJ.COM - Ditengah ancaman wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lawang Kidul,  H. MIDI, SHI tetap melaksanakan tugas menghadiri dan mencatat pelaksanaan pernikahan di Desa Lingga Lawang Kidul, pasangan pengantin Supriyanto Bin Paimin dan Susanti Binti Sutejo.

Kepala KUA Midi SHI menjadi wali dalam akad nikah tersebut, Minggu 29 Maret 2020 pukul 16.00 di Dusun I Desa Lingga.

Sebelum pelaksanaan akad nikah, Midi juga menyampaikan himbauan kepada warga Desa Lingga terkait penyebaran Virus Corona (Covid 19), agar warga sementara waktu tidak mengadakan kegiatan mengumpulkan masa atau orang banyak seperti resepsi pernikahan, acara keagamaan untuk menghindari kerumunan, jelasnya.

Midi juga mengatakan, layanan Kantor Urusan Agama (KUA) mulai tanggal 26-31 Maret 2020 akan ditutup sementara waktu, guna menghindari kontak langsung dengan masyarakat, dalam pelayanan KUA pendaftaran nikah atau hal bersifat mendesak dapat dilakukan via WA.

Dalam pelaksanaan akad nikah wajib mengikuti protokol yang sudah ditentukan.

Jika pernikahan digelar di KUA, kata Midi, jumlah orang yang menghadiri prosesi akad nikah maksimal 10 orang, petugas, wali nikah, catin dan dua orang saksi menggunakan masker, sarung tangan yang steril serta menyiapkan hand sanitizer, tambahnya.

Menurut Ali, sebagai pelayan publik harus mengikuti prosedur yang di instruksikan pimpinan dimana agar masyarakat terlayani dan petugas semuanya dalam keadaan sehat.

“Dasar kita adalah sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Bimas Islam Nomor P-002/DJ.III/Hk.00.7/03/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang imbauan dan pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan Dirjen Bimas Islam. Yang mana pada point ke-3 yakni membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang, “ tuturnya.(bj)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar