Recent Posts

Labels

Bupati Dodi Reza Bersama FKPD Ikuti Latihan Selam Dasar

03/08/19
SEKAYU, BJ.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melakukan Pelatihan Selam Dasar bagi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Kolam Renang Tirta Randik Sekayu, Sabtu (3/8/2019).

Selain Bupati Muba H Dodi Reza Alex, turut berlatih  Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muh Saifuddin Khoiruzzaman, dan Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM. Tampak juga  Plt Kadispopar Muba Muhammad Fariz SSTP aktif dalam kegiatan pelatihan.

Menurut Dodi Reza Alex  pelatihan selam dasar bukan hanya bagi pemimpin daerah tapi lebih utama bagi para petugas penyelamat dan penyelam dari OPD terkait dan dari dari kelompok masyarakat yang dibutuhkan pada saat kondisi darurat seperti  musibah korban tenggelam.

Petugas penyelamat dengan keahlian selam sangat dibutuhkoen dengan kondisi Muba yang memiliki banyak sungai. Dodi menganggap pelatihan sebagai bagian program “Muba Siaga”  yang tujuannya untuk melayani masyarakat.  Dodi berharap para petugas penyelamat di Muba lebih profesional dalam menjalankan tugas.

"Terimakasih kepada Lanal Palembang yang telah memberikan pelatihan selam dasar bagi masyarakat Muba. Kegiatan ini sangat membantu operasi penyelamatan," ujar Dodi.

Sementara itu Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto mengapresiasi ide yang digagas Bupati Muba terkait pelatihan selam untuk membina generasi muda yang ada di Kabupaten Muba.

"Kita berharap melalui pelatihan ini putra-putri Muba ada yang menjadi prajurit Angkatan Laut agar bisa memotivasi generasi muda yang ada disini," katanya.

Pelatihan Selam Dasar akan berlangsung tanggal 3 dan 4 Agustus 2019. Materi pelatihan dan para pelati berasal dari Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada I (atau Dislambair Koarmada I). Yakni  satuan khusus penyelam TNI AL di bawah Komando Armada I yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyelaman dan penyelamatan bawah permukaan air. Dislambair Koarmada I terdiri dari Ship Diver, SAR & Salvage Diver, MCM & Demolition Diver, dan Deep Sea Diver.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex yang juga dianugerahi Brevet Scuba Diver TNI AL dan Brevet ISO ( International Scuba Open Circuit ISO) merasa bersyukur atas kepedulian semua pihak atas upaya penyelamatan.

Reward kepada kelompok masyarakat yang telah berhasil mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Musi. Kepada mereka diserahkan  uang pembinaan sebesar Rp. 5 Juta.  Apresiasi diberikan  sebagai pembinaan dan ucapan terimakasih atas keterlibatan  masyarakat dalam program sosial kemasyarakatan termasuk dalam upaya penyelamatan warga yang terkena bencana dan musibah.

Selain pelatihan selam dasar juga digelar  pertunjukan loncat indah dan polo air dari atlet binaan PPPLP-D Kabupaten Muba.(warto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar