Ini Pesan Sekda Saat Penyambutan dan Pelepasan Tim Terpadu Karhutlah Kabupaten PALI

PALI, BJ.COM - Satuan petugas (Satgas) Tim terpadu kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), hari ini mulai ditugaskan, acara pelepasan di Halaman Kantor Bupati Kabupaten PALI, Kamis (11/7/2019).

Kepada tim terpadu kami ucapkan selamat bertugas ditempat yang telah ditentukan, kata Sekda Kabupaten PALI Syahron Nazil SH.

"Diminta kepada Camat serta Kepala Desa untuk bersama-sama melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing, dengan mensosialisasikan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, membuat api dan atau membuang puntung rokok sembarangan", ujar Sekda.

Hal ini dilakukan setiap ada kesempatan baik di acara formal maupun nonformal demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dan sebelum saya Mengakhiri sambutan ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, pencegahan itu lebih baik daripada mengatasi, preventif lebih baik daripada represif. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan tugas ini kita melakukan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat, untuk tidak membakar lahan dalam membuka lahan.

Kedua yang perlu kita tegaskan bahwa tindakan persuasif harus berjalan berbanding lurus dengan ketegasan, saya minta kepada seluruh pihak karena pelanggaran ini perlu dilakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ketiga dalam melaksanakan tugas kepada seluruh tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terpenting adalah agar saudara-saudara juga menjaga keselamatan diri masing-masing.

"Kita mengucapkan terima kasih karena mereka sudah hadir ditengah kita untuk membantu kita dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan", terang Sekda ketika diwawancarai.

Musim panas seperti ini sangat rawan terhadap kebakaran yang dapat menyebabkan kerusakan sumber daya alam dan berakibat kepada korban nyawa, sambungnya.

Sekali laga kita mengucapkan terima kasih, sudah ada tim dari TNI dan Polri yang telah membantu kita memberikan dukungan dan kita juga berharap kepada seluruh masyarakat, seluruh dunia usaha turun bersama-sama dengan pemerintah dan tim gabungan ini untuk bersama-sama melakukan tindakan dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Kita akan melakukan sosialisasi melalui Camat dan kepala desa masing-masing seperti saya sampaikan tadi, kita sosialisasikan melalui upaya persuasif kepada masyarakat, tetapi saya katakan upaya persuasif itu harus berbanding lurus dengan penegasan setiap pelanggaran.(BJ/IZ)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar