Terobosan Baru SMAN 1 Penukal dengan UAS Berbasis HP Android

Kepsek SMAN 1 Penukal
PALI, BJ.COM - Sebuah terobosan baru dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Penukal, Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), saat Ujian Akhir Sekolah (UAS) dengan berbasis HP Android.

"Kendati Sekolah di polosok Desa, kami bersama dewan guru lain menggunakan aplikasi ujian Akhir dengan Android", kata Kepsek SMAN 1 Penukal.

Selain mudah digunakan, ujarnya. Anak didik tidak begitu asing dengan namanya Android dan mereka semua sangat paham penggunaan HP android.

Maka dari situlah kami membuat terobosan ini supaya kedepan siswa/siswi lebih paham pemanfaatan teknologi, terang Kepala Sekolah SMAN 1 Penukal Darlena SPd MPd ketika dibincangi diruang kerjanya, Senin (13/5/2019).

"Selain pengawasan lebih efektif, nilai ujian tiap siswa setelahmelakukan ujian, langsung keluar dan bisa diumumkan kepada para siswa atau pun siswi," tandasnya.

Darlena menambahkan, untuk keamanan dan kenyamanan pelajar saat mengerjakan, bisa dipantau melalui server utama. Para pelajar juga tak bisa browsing google atau aplikasi lain saat ujian.

"Karena pada sistem ini sudah terproteksi dengan baik dan ketika siswa/siswi melakukan login setiap mata pelajaran baru, semua berubah seketika tergantung mata pelajaran yang diujikan," katanya.

UAS tahun ini selama delapan hari, mulai Senin sampai ke depan. Diikuti oleh kelas X terdiri 103 siswa/siswi dan kelas Xl terdiri 78 dengan jurusan berbeda, ujarnya.

Salah seorang siswa Kelas Xl Riki mengaku, senang dengan pelaksanaan UAS berbasis HP Android ini. Selain lebih ringkas, juga tidak ada contek menyontek dan tidak membutuhkan kertas.

"Cara kerjanya juga sangat mudah pengoperasiannya. Selain itu nilai ujian setelah selesai mengerjakan durasi beberapa menit, setelah nilai bisa langsung tahu para siswa," tutur Riki.(Jon)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar