Edi Eka Puryadi S.Sos Sampaikan Hasil Pembahasan Pansus LKPJ Bupati PALI

Poto penyerahan rekomendasi LKPJ Bupati
PALI, BJ.COM - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Tahun Anggaran 2018 yang telah disampaikan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten PALI, beberapa waktu yang lalu merupakan pelaksanaan konstitusi pemerintahan daerah kepada DPRD, terang Eka, Senin (8/4/2019).

"LKPJ dan informasi pemerintahan daerah kepada masyarakat tujuannya adalah sebagai keterangan dari kepala daerah kepada DPRD, menyangkut pelaksanaan tugas-tugas desentralisasi tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama kurun waktu 1 Tahun Anggaran tentang LKPJ Bupati", ujarnya.

Ini merupakan bentuk laporan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah Kabupaten Pali, kata Eka, yang dicapai selama satu tahun pada anggaran tahun anggaran 2018, sekaligus sebagai bentuk upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif transparan dan bertanggung jawab, ungkapnya.

Oleh karena itu substansi LKPJ Tahun Anggaran 2018 harus bertumpu pada beberapa indikator kinerja program dan indikator makro Pembangunan Daerah, tidak dapat dipungkiri bahwa selama tahun anggaran 2018 telah banyak kemajuan-kemajuan yang kita gapai di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Namun, menurut Eka, demikian ada pula hal-hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan sebagai bahan evaluasi, bagi pelaksanaan pembangunan pada masa yang akan datang salah satu mata strategis penyampaian LKPJ Bupati, bahwa selain sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan, sebagai sarana evaluasi untuk pelaksanaan pembangunan selanjutnya baik yang telah dan akan dilaksanakan dikemudian hari.

"Memandang selama kurun waktu tahun anggaran 2018 telah menunjukkan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya dan peningkatan tersebut perlu terus ditingkatkan pada waktu yang akan datang".

Sedangkan terhadap berbagai kekurangan yang ada menjadi kewajiban bagi DPRD untuk memberikan saran dan masukan kepada kepala daerah melalui hasil pesan terhadap LKPJ ini, sesuai agenda kegiatan DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang telah ditetapkan panitia khusus membahas dan mengkaji secara seksama LKPJ Bupati Kabupaten PALI Tahun Anggaran 2018, baik dari sisi format sistematika maupun muatan materi yang terkandung didalamnya, lanjutnya.

"Panitia khusus Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melakukan konsultasi untuk memperoleh informasi sejauh mana pelaksanaan program kegiatan Tahun Anggaran 2018, terutama terkait dengan sarana dan fisik, kendala atau masalah yang dihadapi, serta pelaksanaan visi dan misi pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir".

Tentu banyak yang telah dipersiapkan dan diperbuat oleh saudara Bupati Wakil Bupati serta jajaran terkait di dalamnya, terlihat pada isi nota pengantar Bupati terdapat LKPJ Tahun Anggaran 2018 diantaranya 1. Peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, 2. Perbaikan dan peningkatan infrastruktur, 3. Revitalisasi pertanian dan pedesaan, 4. Pningkatan kapasitas aparatur pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat dan lain-lain.


Edi Eka melanjutkan, kbijakan pendapatan keuangan daerah merupakan satu kesatuan atau bagian internal dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah disamping belanja daerah dan pembiayaan daerah, secara garis besar komponen pendapatan daerah dapat dikelompokkan atas Pendapatan asli daerah atau PHD, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Pansus DPRD kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir menilai terutama Pendapatan asli daerah di tahun anggaran 2018 masih belum menunjukkan grafik yang memuaskan, sebagai catatan hal ini perlu dioptimalkan, upaya berbagai sektor unggulan dipacu intensifikasi dan sertifikasi, pertanian, perkebunan, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah lainnya, yang bertanggung jawab.(An/Sm/mg02)
Share on Google Plus

About Bulletin Journalist

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar